Breaking News:

Berita Nganjuk

Sebanyak 650 Tenaga Kesehatan di Nganjuk Dapatkan Vaksin Covid-19 Dosis Ketiga

Sebanyak 650 orang tenaga kesehatan (Nakes) di Kabupaten Nganjuk mulai mendapatkan vaksin Covid-19 dosis ketiga

Penulis: Achmad Amru Muiz | Editor: Januar
Istimewa/TribunJatim.com
Tenaga Kesehatan di Kabupaten Nganjuk mendapatkan vaksin covid-19 dosis ketiga dalam upaya memperkuat terbentuknya antibodi tubuh para tenaga kesehatan. 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Achmad Amru Muiz

TRIBUNJATIM.COM, NGANJUK - Sebanyak 650 orang tenaga kesehatan (Nakes) di Kabupaten Nganjuk mulai mendapatkan vaksin Covid-19 dosis ketiga.

Yakni 400 orang nakes RSUD Nganjuk, 150 orang nakes dan pegawai Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Nganjuk, serta 25 orang nakes yang bertugas di RS Darurat Pu Sindok Nganjuk.

Wakil Direktur Pelayanan RSUD Nganjuk, dr Tien Farida Yani mengatakan, vaksin Covid-19 dosis ketiga itu merupakan booster. Hal itu dimaksudkan agar para nakes semakin meningkat antibodinya, sehingga aman dari paparan virus Covid-19.

Sedangkan pelaksanaan vaksinasi dosis ketiga sendiri telah dilakukan pada 17 hingga 24 Agustus 2021 ini.

"Tentunya kami terhadap para nakes sudah melakukan beberapa evaluasi terhadap pemberian vaksin dua dosis, terutama jenis sinovak. Kita lihat titer antibodi yang terbentuk dan rata-rata ternyata masih rendah. Sehingga untuk nakes sendiri bahkan masih banyak yang terpapar covid-19. Makanya vaksin kali ini untuk booster jenis Moderna tipe RNA yang diharapkan bisa melengkapi dan meningkatkan tingkat imunitas yang dimiliki oleh para tenaga kesehatan,” kata Tien Farida Yani, Selasa (24/08/2021).

Baca juga: Saat Soekarno Tahu Dirinya akan Dieksekusi Mati, Langsung Tenang seusai Baca 1 Ayat Alquran

Dijelaksan Tien Farida Yani, setiap vaksin dipastikan terdapat Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI), meskipun sangat ringan atau bahkan tidak terasa. Termasuk vaksin jenis Moderna tipe RNA. Namun untuk yang mengalami keluhan seperti pusing, panas, mual, diare tidak perlu dikhawatirkan. Karena itu juga untuk membentuk antibodi yang ada di dalam tubuh.

"Dan dari pemberian vaksin booster tersebut, keluhannya hanya ngantuk, panas, pusing dan tidak ada KIPI yang berat. Karena vaksin Moderna ini sudah melalui kajian yang panjang dari tim vaksin. Dan semoga bisa melengkapi antibodi yang terbentuk di dalam tubuh kita karena virus juga cepat bermutasi,” tandas Tien Farida Yani.

Sebelumnya Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk, RR Heni Rochtanti mengatakan, Dinkes Kabupaten Nganjuk mempersiapkan pelaksanaan vaksin dosis ketiga khusus untuk para tenaga kesehatan. Hal itu dilakukan untuk menjaga agar para nakes yang menangani pasien covid-19 bisa lebih kuat dan tidak tertular.

"Karena di Kabupaten Nganjuk juga cukup banyak nakes yang terkena covid-19 dan bahkan ada tenaga medis atau dokter yang meninggal dunia akibat positif covid-19," tutur Heni Rochtanti. (aru/Achmad Amru Muiz)

Kumpulan berita Nganjuk terkini

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved