Breaking News:

Berita Kota Kediri

5.000 Santri Pondok Pesantren Lirboyo Kediri Ikuti Vaksinasi Covid-19, Percepat Herd Immunity

5.000 santri Pondok Pesantren Lirboyo Kediri ikuti vaksinasi Covid-19 untuk percepat herd immunity di Jawa Timur. Vaksinasi dilakukan secara bertahap.

Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com
Sebanyak 5.000 santri Pondok Pesantren Lirboyo Kediri menjalani vaksinasi Covid-19, Rabu (25/8/2021). 

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Sebanyak 5.000 santri Pondok Pesantren Lirboyo Kediri menjalani vaksinasi Covid-19 yang diselenggarakan oleh PW ISNU Jawa Timur bekerja sama dengan Asosiasi Rumah Sakit NU (ARSINU), Lembaga Kesehatan NU (LKNU) dan Persatuan Dokter Nahdlatul Ulama (PDNU), Rabu (25/8/2021).

Vaksinasi Covid-19 dilakukan secara bertahap selama dua hari.

Para santri mendapatkan vaksin Sinovac dosis pertama untuk meningkatkan kekebalan terhadap Covid-19 (virus Corona).

Menurut Ketua PW ISNU Jawa Timur, Prof HM Mas’ud Said, vaksinasi Covid-19 ini merupakan upaya pengabdian para sarjana Nahdlatul Ulama dalam rangka mempercepat herd immunity (kekebalan kelompok) di Jawa Timur.

Prof Mas’ud menjelaskan, sebagai sesama insan manusia, agama mengajarkan agar setiap orang bisa memberikan kemanfaatan kepada orang lain.

Dengan upaya vaksinasi massal kepada santri, ia berharap agar semua kalangan di Jawa Timur lebih cepat mencapai herd immunity. Jika semua pihak bersama-sama melakukan vaksinasi, maka Jawa Timur akan lebih cepat keluar dari pandemi Covid-19.

“ISNU sebagai bagian dari masyarakat dituntut juga untuk memberikan manfaat. Saya kira semua kitab mengajarkan kemanfaatan manusia kepada manusia yang lain. Ikhtiar ini dilakukan agar herd immunity bisa tercapai secara bersamaan dan secepatnya,” ujar lelaki yang juga menjabat sebagai Direktur Pascasarjana Universitas Islam Malang (Unisma) ini.

Baca juga: Perpanjangan PPKM Level 4 di Kota Kediri, Wali Kota Abdullah Abu Bakar Ingatkan Warga Tidak Lengah

Pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo Kediri, KH Adibussholeh Anwar berharap agar virus Covid-19 segera bisa dilenyapkan dengan segala ikhtiar yang dilakukan masyarakat, salah satunya dengan meningkatkan kekebalan melalui vaksinasi.

Gus Adib, sapaan akrabnya, juga mengatakan, vaksinasi di Pondok Pesantren Lirboyo Kediri merupakan upaya pesantren mensukseskan program pemerintah untuk mengatasi pandemi Covid-19.

“Kita bersama-sama mensukseskan program pemerintah untuk mengatasi pandemi Covid-19. Semoga nanti akan tercapai herd immunity. Dan bisa beraktivitas sebagaimana biasa dan ekonomi bisa berjalan normal,” pungkas putra KH Anwar Mansyur ini.

Selain bekerja sama dengan ARSINU, LKNU dan PDNU, vaksinasi yang menyasar 5.000 santri ini juga melibatkan beberapa perguruan tinggi di Kota Kediri, seperti Akper Dharma Husada, IIK STRADA, Universitas Kadiri, dan Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Untuk mempercepat proses vaksinasi Covid-19, pihak penyelenggara juga mendatangkan tim kesehatan dari RSI Unisma, RSU Lirboyo, serta Dinas Kesehatan Kota Kediri.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved