Breaking News:

Berita Malang

Angka Kemiskinan di Kabupaten Malang Diprediksi Naik Jika PPKM Terus Berlanjut

Pandemi Covid-19 dan penerapan PPKM yang terus diperpanjang diprediksi bakal berimbas pada tren kenaikan persentase kemiskinan di Kabupaten Malang.

Penulis: Erwin Wicaksono | Editor: Ndaru Wijayanto
surya/Erwin
Wakil Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemkab Malang, Tomie Herawanto. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Erwin Wicaksono

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Pandemi Covid-19 dan penerapan PPKM yang terus diperpanjang diprediksi bakal berimbas pada tren kenaikan persentase kemiskinan di Kabupaten Malang.

Analisa tersebut disampaikan oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Malang, Tomie Herawanto.

"2020 angka kemiskinan 10,3 persen. 2021 masih proses (perhitungan) karena itu kewenangan dari BPS (Badan Pusat Statistik). Namun dengan kondisi Covid-19 saat ini kami memprediksi (persentase kemiskinan) akan naik.

Tomie merasa sangsi angka kemiskinan di wilayahnya akan turun jika kondisi pandemi Covid-19 mengalami ritme kenaikan dan kebijakan perpanjangan PPKM terus berlanjut.

"Pada tahun 2021 hingga Agustus PPKM diperpanjang dan pandemi Covid-19 masih ada. Yang jelas dampak itu masih berlanjut dari sisi ekonomi dan sosial," ungkap pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemkab Malang itu.

Walau kebijakan PPKM membatasi ritme aktivitas usaha, Tomie tak menampik jika kebijakan tersebut memang dibuat untuk menyelamatkan nyawa rakyat dari pagebluk.

"Memang dari sisi sosial dan ekonomi PPKM ini berimbas pada sektor tersebut. Tapi kan juga berdampak baik terhadap pemulihan kesehatan secara komunal," sebutnya.

Di sisi lain, Pemerintah Kabupaten Malang sejatinya telah memiliki sejumlah terobosan untuk mengatasi permasalahan kemiskinan.

Sekretaris (Daerah) Sekda Kabupaten Malang Wahyu Hidayat menerangkan, pada tahun 2021 Pemkab Malang menggelontrokan dan anggaran sebesar Rp 362 miliar untuk Pemilihan Ekonomi Nasional (PEN).

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved