Breaking News:

Berita Trenggalek

Ikuti Panen Raya Porang di Trenggalek, Wamen Pertanian Ingatkan Pentingnya Hilirisasi Produk

Wakil Menteri Pertanian RI Harvick Hasnul Qolbi mengikuti panen raya porang di Desa Jombok, Kecamatan Pule, Kabupaten Trenggalek, Rabu (25/8/2021).

Penulis: Aflahul Abidin | Editor: Ndaru Wijayanto
surya/aflahul abidin
Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin, Wamen Pertanian RI Harvick Hasnul Qolbi, dan anggota DPD RI Sylviana Murni saat panen raya porang di Desa Jombok, Kecamatan Pule, Kabupaten Trenggalek, Rabu (25/8/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Aflahul Abidin

TRIBUNJATIM.COM, TRENGGALEK – Wakil Menteri Pertanian RI Harvick Hasnul Qolbi mengikuti panen raya porang di Desa Jombok, Kecamatan Pule, Kabupaten Trenggalek, Rabu (25/8/2021).

Dalam panen raya itu, Harvick menekankan pentingnya peningkatan hilirisasi produk porang. Sehingga, porang yang ditanam oleh para petani bisa terserap maksimal dan harga jualnya akan terus stabil.

“Jadi masalah yang mungkin akan terjadi, seperti tidak bisa diserap, harga tidak stabil, bisa dihilangkan,” kata Harvick.

Pemerintah pusat, kata dia, berkonsentarasi penuh terhadap masalah hilirisasi porang tersebut. Sehingga, porang sebagai salah satu komoditas pertanian tidak hanya baik di awal, tapi berkelanjutan.

Untuk mencapai hal itu, Harvick menekankan pentingnya kerja sama lintas pihak. Terutama kerja sama antara pemerintah daerah, swasta, dan para petani.

Harvick menekankan, Kementerian Pertanian akan berkonsentrasi semaksimal mungkin untuk tahap produksi.

“Sementara untuk industrinya di teman-teman terkait, di (Kementerian) Perindustrian, di (Kementerian) BUMN,” tutur dia.

Sementara Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin menjelaskan, Pemkab Trenggalek berkomitmen untuk mempermudah investasi terutama untuk industri porang di wilayah tersebut.

Salah satu caranya, yakni dengan menyiapkan lahan bagi siapapun yang ingin berinvestasi di Kabupaten Trenggalek.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved