Breaking News:

Berita Jatim

PTPN XII Perkuat Penjualan Ritel Produk Hilir, Dukung Brand Holding Nusakita

PTPN XII menyiapkan aneka produk hilir komoditas perkebunan, untuk mendukung peluncuran komoditas PTPN Group dengan brand Nusakita.

Penulis: Sri Handi Lestari | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com/PTPN XII
Produk ritel PTPN XII yang ada di pasaran dan siap mendukung brand holding Nusakita yang diluncurkan pada 17 Agustus 2021 lalu. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Sri Handi Lestari

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII menyiapkan aneka produk hilir komoditas perkebunan, untuk mendukung peluncuran komoditas PTPN Group dengan brand Nusakita.

PTPN XII menyiapkan produk gula pasir, teh, dan kopi, yang selama ini sudah menjadi core produk dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berkantor pusat di Surabaya tersebut.

Kepala Bagian Sekretaris Perusahaan, Winarto mengungkapkan, pihaknya mengelola kebun kopi arabika seluas 5.471 hektare dan kopi robusta 5.244 hektare di Jawa Timur.

"Kemudian kebun teh seluas 1.710 hektare di wilayah Kabupaten Blitar, Malang, Lumajang, Jember," kata Winarto, Selasa (24/8/2021).

Selain itu, PTPN XII juga mengoperasikan Pabrik Gula Glenmore di Banyuwangi dengan realisasi produksi tahun 2020 sebanyak 44.255 ton gula pasir. Dan tahun ini ditargetkan naik menjadi 61.000 ton dengan masa giling 125 hari.

Winarto menambahkan, sejak beberapa tahun lalu telah melakukan hilirisasi aneka komoditas perkebunan, yang dipasarkan dengan merek dagang Rollaas.

"Berupa kopi bubuk, teh sachet, cokelat, bahkan air minum dalam kemasan (AMDK)," ujar Winarto.

Menurutnya, varian produk yang dipasarkan secara ritel sejak tiga tahun terakhir bertambah dengan produk gula pasir dari Pabrik Gula Glenmore yang penjualannya dikemas 1 kg, 5 kg, dan 50 kg.

Baca juga: Berulang Tahun ke-24, Super Indo Luncurkan Minyak Goreng Sawit 365 dengan Ekolabel

“Penjualan produk hilir tersebut ditangani PT Rolas Nusantara Mandiri (anak perusahaan PTPN XII) secara online/daring maupun offline/luring, yang telah menjangkau wilayah Jatim maupun nasional. Kami mendukung Holding Perkebunan PTPN III yang meluncurkan brand Nusakita guna memperluas pemasaran produk hilir,” ungkap Winarto.

Menurut Winarto, hilirisasi produk yang dilakukan PTPN XII berdampak positif berupa peningkatan nilai tambah komoditas perkebunan, dan hasil penjualannya memberikan kontribusi terhadap pencapaian revenue PTPN XII yang mencapai Rp 1,43 triliun pada tahun 2020.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved