Berita Jatim

Tambah Bed ICU, Khofifah Upayakan Kota Batu Keluar dari Zona Merah

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan syukurnya karena saat ini di Jawa Timur tersisa 4 daerah berstatus zona merah

Penulis: Fatimatuz Zahroh | Editor: Januar
TribunJatim.com/ Fatimatuz Zahroh
Gubernur Khofifah Indar Parawansa, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta, Pangdam V Brawijaya Mayjend TNI Suharyanto bersama pengasuh Pondok Lirboyo Kiai Anwar Mansyur saat meninjau vaksinasi di Pondok Pesantren Lirboyo, Kamis (26/8/2021). 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Fatimatuz Zahroh

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan syukurnya karena saat ini di Jawa Timur tersisa 4 daerah berstatus zona merah.

Yaitu Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Nganjuk  Kabupaten Blitar dan Kota Batu.

Khusus untuk Kota Batu, pihaknya optimistis untuk bisa segera membuat kota yang identik dengan tempat wisata tersebut segera keluar dari zona merah.

Sebab dikatakan Khofifah bahwa secara perkembangan penambahan kasus Covid-19 di Kota Batu sebenarnya sudah melandai. Akan tetapi yang masih menjadi masalah adalah BOR atau tingkat keterisian tempat tidur Covid-19 di Kota Batu yang masih tinggi.

Oleh sebab itu, pihaknya menyebut bahwa bed ICU akan segera ditambahkan di Kota Batu agar disana kapasitas BOR nya menurun dan kemungkinan keluar dari zona merah bisa semakin besar.

"Iya jadi yang zona merah tinggal empat kabupaten dan kota. Sebetulnya kan ada 14 indikator epidemiologi kalau Kota Batu sebenarnya dari kasusnya sudah melandai tetapi bahwa ICU itu relatif masih tinggi. Kenapa? Karena tempat tidurnya ICU hanya 12 di Batu. Oleh karena itu mulai tiga hari yang lalu sudah disiapkan penambahan tempat tidur untuk bed ICU," kata Gubernur Khofifah, saat diwawancara di Pondok Pesantren Lirboyo, Kamis (26/8/2021).

Lebih lanjut dikatakan Khofifah, jika bed ICU di Kota Batu sudah ditambahkan, maka BOR nya akan menurun dan akan meemperngaruhi evaluasi 14 indikator epidemiologi di Kota Batu. Rencananya Pemprov Jatim akan menambahkan sebanyak 20 bed untuk ruang pelayanan ICU covid-19. Sehingga nanti akan ada sekitar 32 bed ICU di Kota Batu. 

Baca juga: Sosok Kapolri yang Diberhentikan Soeharto, Bermula Bongkar Perkosaan, Pesan Sang Ibu Bikin Tenang

"Rencanakanya kita aman menambahkan dua puluhan tempat tidur. Insya Allah akan ada proses relaksasi dari BoR  rasio ICU di Kota Batu," tegasnya.

Selain empat zona merah yang daerahnya telah tersebut di atas, 9 daerah Jatim yang berstatus zona kuning yaitu Sampang, Sumenep, Kota Pasuruan, Lamongan, Bojonegoro, Bangkalan, Tuban, Pamekasan dan Situbondo.

Sedangkan yang berstatus zona oranye ada 25 daerah yaitu Jombang, Madiun, Trenggalek, Ngawi, Gresik, Kota Surabaya, Kota Mojokerto, Bondowoso, Pasuruan, Probolinggo, Mojokerto, Kota Blitar, Kota Probolinggo, Kediri, Malang, Sidoarjo, Banyuwangi, Kota Kediri, Lumajang, Jember, Magetan, Pacitan, Tulungagung, Kota Malang dan Kota Madiun.

Sementara itu, Juru Bicara Satgas Covid-19 Jawa Timur Makhyan Jibril Al Faraby mengatakan bahwa memang dengan adanya PPKM berlevel yang dilaksanakan secara sinergi oleh banyak pihak mulai masyarakat, TNI Polri, pelaku usaha dan juga pemerintah, membawa dampak signifikan pada penanganan covid-19 di Jawa Timur.

“Alhamdulillah penanganan covid-19 di Jawa Timur ini hasilnya signifikan, dilihat dari status level PPKM kita sebelumnya di level 4 dan sekarang sudah level 3,” kata Jibril.

Selain itu pekan lalu Jatim masih ada 15 yang statusnya zona merah, saat ini sudah turun tersisa empat. Kemudian untuk zona kuning saat iki juga naik menjadi 9 padahal pekan lalu hanya satu zona kuning.

Namun ia kembali mengingatkan masyarakat Jatim agar tidak lengah. Ia mengimbau masyarakat tetap taat prokes dan menaati aturan yang ada. Dengan harapan semakin menurun kasus dan penyebaran, maka pelonggaran demo pelonggara secara bertahap bisa dilakukan, namun masyarakat tetap dan makin siaga menghadapi situasi pandemi.

Sementara itu, per hari ini di Jatim ada tambahan kasus baru sebanyak 1.619 kasus, sebanyak 206 orang meninggal dunia karena Covid-19, dan orang sembuh dari covid-19 hari ini sebanyak 2.690 orang. Sedangkan kasus aktif di Jatim per hari ini ada sebanyak 17.359 orang, yang kini tengah dirawat di rumah sakit rujukan, isoter, maupun rumah-rumah karantina dan RS Darurat.

(Fz/fatimatuz zahroh)

Kumpulan berita Jatim terkini

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved