Breaking News:

Berita Pemprov Jatim

Enam Desa di Jatim Terpilih Jadi 50 Desa Wisata Terbaik di Indonesia Bangkit

Sebanyak enam desa wisata di Jawa Timur terpilih sebagai 50 desa wisata terbaik Indonesia Bangkit dalam even yang dihelat oleh Kementerian Pariwisata

Penulis: Fatimatuz Zahroh | Editor: Ndaru Wijayanto

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Fatimatuz Zahroh

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Sebanyak enam desa wisata di Jawa Timur terpilih sebagai 50 desa wisata terbaik Indonesia Bangkit dalam even yang dihelat oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI yaitu Anugerah Desa Wisata Indonesia Tahun 2021.

Enam desa tersebut yaitu Desa Wisata Kampung Blekok Kabupaten Situbondo, Desa Wisata Sanankerto Kabupaten Malang, Desa Wisata Kampung Bejijong Kabupeten Mojokero, Desa Wisata Taman Sari Kabupaten Banyuwangi, Desa Wisata Ranupani Kabupaten Lumajang, dan Desa Wisata Serang Kabupaten Blitar. 

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan kebanggaan dan selamat pada enam desa terbaik Jawa Timur tersebut.

Menurutnya, ini merupakan prestasi membanggakan dari sektor desa wisata yang tetap bisa memberikan prestasi di tengah himpitan pandemi covid-19. 

"Sektor wisata merupakan sektor yang sangat terdampak saat pandemi covid-19. Tapi Alhamdulilah pelaku wisata berbasis desa di Jawa Timur tetap semangat di tengah berbagai keterbatasan," tegas Khofifah, Jumat (27/8/2021). 

"Saya pribadi menyampaikan terima kasih pada selurh pokdarwis dan pelaku desa wisata serta Kades, Camat atas prestasi ini, dan kita berharap bersama agar pandemi segera berakhir sehingga wisata kembali pulih," sambungnya.

Dari Pemprov Jawa Timur sendiri memang memberikan perhatian yang penuh untuk sektor wisata berbasis desa.

Mulai dari bantuan untuk BUMDes yang sudah memiliki desa wisata untuk dikelola hingga pendampingannya hingga bisa menghasilkan pendapatan yang bisa membantu kesejahteraan masyarakat desa. 

Hal itu penting, sebab sebagaimana disampaikan Khofifah bahwa pergerakan UMKM di Jawa Timur itu sangat penting dan butuh untuk terus diberikan stimulai.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved