Breaking News:

Berita Probolinggo

Kartu Nikah Digital dengan Empat Kolom Foto Istri, Kemenag Kabupaten Probolinggo : Itu Hoax

Kepala Kemenag Kabupaten Probolinggo, Akhmad Sruji Bahtiar menegaskan bila kartu nikah digital dengan kolom empat istri adalah hoax

Penulis: Danendra Kusuma | Editor: Samsul Arifin
Tangkapan Layar
Kartu nikah digital dengan empat kolom foto istri. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Danendra Kusuma

TRIBUNJATIM.COM, PROBOLINGGO - Baru-baru ini, beredar sebuah desain tampilan kartu nikah digital dengan format satu kolom suami dan empat kolom foto istri di media sosial.

Tak hanya itu, ada logo Kemenag yang dicantumkan pada bagian atas kartu nikah digital.

Sejumlah warganet pun mempertanyakan kebenaran desain kartu nikah tersebut.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Probolinggo, Akhmad Sruji Bahtiar menegaskan bila kartu nikah digital dengan kolom empat istri adalah hoax.

"Kartu nikah yang beredar di media sosial itu tidak benar alias hoax. Dirjen Bimas Islam juga sudah mengeluarkan pernyataan yang sama," katanya kepada Surya (Grup Tribun Jatim Network), Jumat (27/8/2021).

Akhmad menjelaskan, kartu nikah digital yang diterbitkan Kemenag masing-masing hanya ada satu kolom foto untuk suami dan istri di halaman depan. Disertai pula nama suami dan istri berikut tanggal akad nikah.

Di bagian atas ada lambang Garuda dan logo Kemenag. Lalu, di bagian bawah ada nomor akta, KUA tempat nikah, serta barcode yang terhubung dengan server Bimas Islam.

Latar pada halaman depan pun hanya logo Kemenag bukan peta Indonesia.

"Kemenag tak menerbitkan kartu nikah digital dengan empat kolom foto istri. Kolom foto istri hanya ada satu. Kartu nikah digital yang beredar di media sosial itu tidak benar," tegasnya.

Ia mengimbau, agar masyarakat atau warganet lebih menyaring segala informasi yang belum tentu kebenarannya.

"Sekarang teknologi sudah canggih. Apapun bisa dibuat dan diedit, termasuk kartu nikah digital. Sebaiknya, jika masyarakat menemukan informasi yang janggal segera untuk menyampaikan kepada yang berwenang memberikan penjelasan," pungkasnya

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved