Breaking News:

Berita Madura

Pemkab Pamekasan Berikan Beasiswa untuk Empat Mahasiswa yang Lulus Kedokteran Unair

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, memberikan beasiswa kepada empat mahasiswa asal kabupaten setempat yang kuliah di Jurusan Kedokteran,

Penulis: Kuswanto Ferdian | Editor: Ndaru Wijayanto
tribunjatim/kuswanto
Bupati Pamekasan, Baddrut Tamamberikan pesan ke petugas 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Kuswanto Ferdian

TRIBUNJATIM.COM, PAMEKASAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, memberikan beasiswa kepada empat mahasiswa asal kabupaten setempat yang kuliah di Jurusan Kedokteran, Universitas Airlangga Surabaya.

Sebelumnya, ada 20 putra-putri terbaik Pamekasan yang ikut seleksi Jurusan Kedokteran di universitas ternama tersebut. 

Namun, dari jumlah itu, ada empat orang di antaranya yang lolos dan berhasil meraih beasiswa dari Pemkab Pamekasan.

Beasiswa tersebut bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) kabupaten dengan tujuan mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) Pamekasan agar mampu bersaing di masa-masa yang akan datang.

"Program beasiswa untuk putra putri terbaik Pamekasan yang bisa diterima di Universitas Airlangga Surabaya, dari 20 orang yang ikut seleksi, 4 orang yang diterima dan itu nanti yang kita fasilitasi," kata Kabag Kesra Pemkab Pamekasan, Halifaturrahman kepada TribunJatim.com, Kamis (26/8/2021).

Berdasarkan data yang dihimpun media ini, Pemkab Pamekasan tahun ini akan membiayai empat calon dokter.

Masing-masing calon dokter tersebut akan dibiayai pendidikan awal sebesar Rp 300 juta dan biaya semester sebesar Rp 15 juta.

Beasiswa itu akan diberikan hingga mereka lulus.

Sementara untuk biaya praktik dan biaya hidup calon dokter tersebut masih dalam tahap kajian melihat kemampuan APBD Pamekasan.

"Mudah-mudahan nanti kita bisa memprogramkan untuk biaya hidupnya. Tetapi yang terpenting itu kan biaya pendidikannya selama mengenyam pendidikan di Fakultas Kedokteran Unair," jelasnya.

Pejabat yang akrab disapa Mamang ini juga menjelaskan, para penerima beasiswa dari pemerintah daerah itu setelah lulus wajib mengabdikan diri untuk kepentingan masyarakat Pamekasan sesuai dengan cita-cita Bupati Baddrut Tamam dalam membantu meraih cita-cita mereka menjadi seorang dokter.

"Namanya dibiayai oleh Pemkab Pamekasan, tentunya kita harapkan bisa mengabdi untuk Kabupaten Pamekasan," harapnya.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved