Breaking News:

Berita Nganjuk

Percepatan Vaksinasi Covid-19, Satgas Kecamatan Menyasar Warga Penyandang Disabilitas

Lakukan percepatan vaksinasi Covid-19, Satgas Penanganan Covid-19 tingkat kecamatan menyasar warga penyandang disabilitas.

Penulis: Achmad Amru Muiz | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com
Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk mendatangi penyandang disabilitas untuk dilakukan vaksinasi Covid-19, dengan mobil keliling, Rabu (25/8/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Achmad Amru Muiz

TRIBUNJATIM.COM, NGANJUK - Satgas Penanganan Covid-19 berupaya lakukan percepatan vaksinasi Covid-19 (virus Corona) di Kabupaten Nganjuk.

Kali ini para penyandang disabilitas di wilayah Kecamatan Berbek, Kabupaten Nganjuk, mendapat giliran vaksinasi Covid-19.

Plt Camat Berbek, Ida Sobihatin menjelaskan, vaksinasi Covid-19 tersebut dilakukan melalui sistem jemput bola dengan menggunakan mobil vaksin keliling Puskesmas Berbek.

Satu per satu penyandang disabilitas dikunjungi di rumahnya masing-masing untuk mendapat vaksin Covid-19 jenis Sinopharm.

"Dalam sehari tim Satgas Covid-19 mengunjungi beberapa desa dengan mobil vaksin keliling. Sebanyak enam orang penyandang disabilitas dapat divaksin dari target 15 orang disabilitas,” kata Ida Shobihatin, Rabu (25/8/2021).

Dijelaskan Ida Shobihatin, dengan adanya vaksinasi keliling tersebut, pihaknya berharap bisa meningkatkan cakupan vaksin di Kecamatan Berbek.

Dengan demikian, target kekebalan kelompok (herd immunity) segera bisa terwujud.

"Kegiatan itu juga sebagai wujud solidaritas serta perhatian bagi kelompok disabilitas agar tetap sehat dan terhindar dari Covid-19," ucap Ida Shobihatin.

Lebih lanjut dikatakan Ida Shobihatin, proses vaksinasi terhadap warga disabilitas tersebut dapat berjalan lancar. Meskipun ada beberapa kendala yang dialami tenaga kesehatan (nakes). Yaitu pada tahap skrining atau pendataan, termasuk saat proses penyuntikan.

Baca juga: Pola Layanan Adminduk Online Dispendukcapil Nganjuk Akan Dikembangkan untuk Semua OPD

"Ada warga disabilitas yang tidak bisa divaksin karena kondisi kesehatan kurang baik. Namun secara umum kegiatan vaksinasi Covid-19 kali ini berjalan lancar,” tandas Ida Shobihatin.

Sedangkan untuk menunjang pelaksanaan vaksinasi Covid-19 terhadap warga penyandang disabilitas di Kecamatan Berbek, para aparatur sipil negara (ASN) se-Kecamatan Berbek ikut berpartisipasi dengan mengumpulkan donasi bantuan.

Bantuan tersebut diwujudkan dalam bentuk paket sembako untuk diberikan kepada kelompok warga disabilitas.

"Alhambulillah, bantuan paket sembako sebagai wujud solidaritas dan peduli terhadap warga disabilitas bisa disalurkan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan ketat," tutur Ida Shobihatin.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved