Breaking News:

Datascrip Rilis Kapal Tanpa Awak APACHE 3, Bisa Bantu Cegah Bencana Banjir, Simak Cara Kerjanya

Datascrip menghadirkan kapal tanpa awak APACHE 3, bisa membantu mencegah bencana banjir, begini cara kerjanya!

Penulis: Fikri Firmansyah | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com
PT Datascrip sebagai authorized distributor CHCNAV di Indonesia resmi menghadirkan solusi perangkat survei APACHE 3 yang dapat memetakan kondisi kedalaman bawah air dan juga perhitungan sedimentasi bawah air secara otomatis, Jumat (27/8/2021). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - PT Datascrip sebagai authorized distributor CHCNAV di Indonesia resmi menghadirkan solusi perangkat survei APACHE 3 yang dapat memetakan kondisi kedalaman bawah air dan juga perhitungan sedimentasi bawah air secara otomatis.

"APACHE 3 dihadirkan karena kami melihat, bahwa salah satu faktor yang menjadi penyebab bencana banjir adalah terjadinya pendangkalan daerah aliran sungai," terang Marketing Manager PT Datascrip, Danang Kurniawan, Jumat (27/8/2021).

Banyaknya material sedimen seperti lumpur, pasir atau sampah yang mengendap di dasar telah membuat sungai atau danau menjadi dangkal, sehingga menyebabkan berkurangnya kapasitas untuk menampung air saat musim penghujan.

Untuk itu, pengerukan atau pengangkatan material sedimen di daerah aliran sungai atau danau ini harus dilakukan.

"Namun, karena sungai dan danau memiliki jarak geografis yang sangat luas, maka pengecekan sedimentasi secara manual menjadi tidak efektif serta efisien, dan hal ini yang akan kita jawab," lanjutnya.

Danang meyakini, dengan menggunakan perangkat solusi ini, pengukuran dan pemetaan kondisi sedimentasi bawah air dapat lebih efektif, efisien dan akurat.

Dia mengungkapkan, CHCNAV APACHE 3 berupa perangkat Unmanned Surface Vessel (USV) atau kapal tanpa awak yang ringkas dan sangat mudah dioperasikan.

"Metode survei dengan USV merupakan sebuah terbosan teknologi dalam pekerjaan batimetri dan pemetaan hidrografi. Sehingga, pengguna dapat melakukan survei dari jarak jauh dengan remote control, dari tepi sungai atau danau. Bahkan, APACHE 3 dapat bekerja secara otomatis hingga rentang jangkauan 2 Km untuk mengirim data kedalaman di bawah permukaan air," jelasnya.

Baca juga: Dapoer Kecombrang Surabaya Sajikan Berbagai Menu dengan Rempah Honje, Cicipi Kelezatannya yang Unik

Dikatakan pula oleh Danang, perangkat ini dilengkapi dengan teknologi sensor Single Echo Sounder untuk melakukan pengukuran kedalaman dari 0,15m - 200m dan data yang ditangkap oleh sensor bisa langsung dikirim dan dilihat secara real time kinematic melalui software HydroSurvey dari CHC.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved