Breaking News:

Berita Nganjuk

Agar Penyaluran Pupuk Bersubsidi Tepat Sasaran, Disperta Nganjuk Minta Petani Isi Data E-RDKK

Dinas Pertanian (Disperta) Kabupaten Nganjuk intensif melakukan penyusunan data elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK) Tani tahun 20

Penulis: Achmad Amru Muiz | Editor: Ndaru Wijayanto
surya/davidyohanes
Ilustrais Pengiriman paket pupuk bersubsidi 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Achmad Amru Muiz

TRIBUNJATIM.COM, NGANJUK - Dinas Pertanian (Disperta) Kabupaten Nganjuk intensif melakukan penyusunan data elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK) Tani tahun 2022.

Hal itu dilakukan dalam rangka pemenuhuan kebutuhan pupuk bersubsidi dan Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP).

Kasi Bidang Usaha Disperta Kabupaten Nganjuk, Sutono mengatakan, Disperta berupaya mendapatkan data aktual kebutuhan pupuk subsidi dan sesuai data petani.

Di mana penyusunan e-RDKK harus terintegrasi dengan Sistem Informasi Penyuluh Pertanian (Simluhtan) pada tahun 2022 mendatang.

Selain itu, Penyusunan e-RDKK juga tergantung pada input data dari kelompok tani.

Dengan demikian bisa diketahui sampai sejauh mana kebutuhan pupuk bersubsidi bisa mengcover seluruh anggota kelompok tani sesuai dengan petunjuk teknis (juknis) yang ada dengan maksimal luas lahan untuk bertani seluas 2 hektar.

Yang mana untuk mendapatkan pupuk bersubsidi para petani harus menyiapkan beberapa data yang lengkap dan aktual.

"Akan ada tim admin untuk verifikasi data yang kemudian disesuaikan dengan data dari kelompok tani kecamatan yang dikoordinasikan dengan kepala Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) lewat penyuluh di wilayah kecamatan," kata Sutono dalam talkshow di Radio Anjuk Ladang Pemkab Nganjuk, kemarin.

Di tahun 2021 ini, menurut Sutono, ada alokasi pupuk bersubsidi jenis urea hampir 97 persen. Kemudian pupuk SP 50 persen, pupuk MPK 50 persen, dan pupuk ZA hampir 50 persen.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved