Breaking News:

Berita Madiun

Porang Jadi Komoditas Unggulan Pertanian Nasional, Bupati Madiun Intervensi Petani Agar Mandiri

Pemerintah Kabupaten Madiun memberikan intervensi kepada petani porang agar semakin mandiri menggarap lahannya

Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti | Editor: Samsul Arifin
Tribun Jatim Network
Bupati Madiun, Ahmad Dawami Mendampingi Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo Meninjau Industri Porang di Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra

TRIBUNJATIM.COM, MADIUN - Pemerintah Kabupaten Madiun memberikan intervensi kepada petani porang agar semakin mandiri menggarap lahannya.

Mulai dari penyediaan lahan milik perhutani hingga bantuan permodalan dari bank milik negara.

Bupati Madiun, Ahmad Dawami mengatakan menyebut setahun lalu luasan lahan Porang di Madiun masih di bawah 1.000 hektar.

"Saat ini lahan yang ditanami porang di Kabupaten Madiun menjadi 6.000 hektar. Makin bertambah luasnya lahan yang ditanami porang ini menjadi bukti intervensi pemerintah agar petani porang bisa menggarap sendiri hingga mandiri," kata Pria yang akrab disapa Kaji Mbing ini, Minggu (29/8/2021).

Untuk memperluas luasan lahan, pihaknya memulai dari meresmikan keberadaan lembaga masyarakat desa hutan (LMDH) dalam bentuk surat keputusan bupati. 

Selain itu, Pemkab Madiun juga berupaya menyediakan bibit unggul dengan mengajukan salah satu varietas porang lokal Madiun ke Kementan untuk diuji.

Baca juga: Petani Jawa Timur: Meski Alami Dinamika Harga, Porang Masih Tetap Menguntungkan

Tak sia-sia, berdasarkan Keputusan Menteri Pertanian tertanggal 3 Juli 2020 dengan Nomor 906/HK.540/C/07/2020 porang lokal Madiun dinyatakan menjadi bibit skala nasional karena kualitas. 

"Bibit Porang Jatim lokal Kabupaten Madiun telah bersertifikat dengan memakai nama Porang Varietas Madiun 1," lanjutnya.

Usai sertifikat bibit keluar, Pemkab Madiun memfasilitasi LMDH bekerjasama dengan Perhutani agar lahan yang mereka miliki ditanami Porang varietas Madiun 1.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved