Breaking News:

Berita Nganjuk

Dorong Pengembangan Makanan Olahan, Kang Marhaen Berharap Porang Jadi Komoditas Andalan Nganjuk

Dorong pengembangan makanan olahan porang, Kang Marhaen berharap porang bisa menjadi komoditas andalan Nganjuk, disamping jadi sentra bawang merah.

Penulis: Achmad Amru Muiz | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Acmad Amru Muiz
Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi melihat langsung proses produksi makanan olahan berbahan baku porang di Kabupaten Nganjuk, Senin (30/8/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Achmad Amru Muiz

TRIBUNJATIM.COM, NGANJUK - Pemkab Nganjuk berupaya mendorong produksi makanan olahan berbahan baku porang.

Diharapkan ke depan Kabupaten Nganjuk menjadi daerah penghasil makanan olahan porang disamping dikenal sebagai sentra bawang merah.

Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi mengatakan, untuk mewujudkan keinginan menjadikan Kabupaten Nganjuk sebagai penghasil makanan olahan berbahan baku porang, diperlukan kerja sama dan sinergitas antara pengusaha produk olahan porang dengan petani porang serta Pemkab Nganjuk.

"Kami optimistis, apabila kerja sama dan sinergitas itu bisa terwujud, maka tidak menutup kemungkinan Nganjuk bakal dikenal sebagai salah satu penghasil makanan olahan berbahan baku porang nantinya," kata Marhen Djumadi di tengah kunjunganya ke PT Marefa Alam Samudra, Senin (30/8/2021).

Dijelaskan Kang Marhaen, panggilan akrab Marhaen Djumadi, kondisi lahan di Kabupaten Nganjuk dinilai cocok untuk budi daya tanaman porang. Terlebih tanaman porang juga dapat tumbuh baik di wilayah dataran tinggi seperti kondisi wilayah di Kabupaten Nganjuk.

Oleh karena itu, dikatakan Marhaen Djumadi, Pemkab Nganjuk melalui Dinas Pertanian akan senantiasa mendorong petani atau warga untuk membudidayakan tanaman porang. Apalagi porang memiliki prospek dan potensi pasar cukup bagus, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Baca juga: Masuk PPKM Level 3, Nganjuk Segera Gelar Pembelajaran Tatap Muka Secara Terbatas dengan Prokes Ketat

"Maka dari itu, melihat potensi dari porang yang cukup bagus, maka warga Nganjuk bisa menanam tanaman porang di lahan perkebunanya dalam upaya peningkatan perekonomianya," tandas Kang Marhaen.

Sementara Pimpinan PT Marefa Alam Samudra, Lukman Hakim mengatakan, saat ini PT Marefa Alam Samudra banyak memproduksi makanan olahan berbahan baku porang. Di antaranya Keripik Porang (porang kering oven), Tepung Porang (konjacpowder), Shirataki Mi dan Konyaku Blok (bebas lemak, gula dan gluten, tinggi serat, rendah kalori dan karbohodrat nol kolesterol).

"Untuk pangsa pasar hasil olahan porang yang kami produksi itu untuk memenuhi permintaan pasar Indonesia maupun pasar ekspor," tutur Lukman Hakim.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved