Breaking News:

Berita Jember

Guru Besar FH Universitas Jember Minta Masyarakat Waspadai Penggalangan Kotak Amal untuk Teroris

Memotong aliran dana bagi kelompok teroris menjadi satu cara pencegahan di wilayah hulu penanganan tindakan terorisme di Indonesia

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Januar
ISTIMEWA VIA TRIBUN MADURA
Ilustrasi- Akademisi Universitas Jember minta masyarakat waspadai penggunaan kotak amal untuk danai kelompok teroris 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Sri Wahyunik

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER- Memotong aliran dana bagi kelompok teroris menjadi satu cara pencegahan di wilayah hulu penanganan tindakan terorisme di Indonesia.

Aliran dana yang perlu dipotong, di antaranya, penggalangan dana melalui kotak amal berkedok agama tetapi buntutnya dipakai untuk pendanaan kelompok teroris.

Hal ini diungkapkan oleh Guru Besar Hukum Pidana Fakultas Hukum Universitas Jember Prof Dr M Arief Amrullah

Pernyataan Arief ini dilatarbelakangi penangkapan terhadap 55 orang terduga anggota kelompok teroris oleh Polri di bulan Agustus 2021.

Dari puluhan orang itu, 27 orang di antaranya ditangkap di Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Dari hasil penangkapan itu terungkap adanya upaya penggalangan dana melalui bisnis atau lembaga legal dan penyebaran kotak amal. Polisi menemukan 1.540 kotak amal.

Penggalangan dana melalui kotak amal dengan kedok agama untuk pendanaan kelompok teroris ini tentu meresahkan banyak pihak, baik pemerintah maupun warga yang sebenarnya sejak awal tulus berniat menyumbang.

“Penggalangan dana bagi kegiatan kelompok teroris dengan modus kotak amal sebenarnya bak gunung es, artinya belum semua yang bisa diungkap oleh Polri. Oleh karena itu perlu sinergi semua pihak, mulai pemerintah pusat, pemerintah daerah, aparat dan praktisi hukum serta masyarakat agar kejadian seperti ini tidak terus berulang," ujar Arief, Senin (30/8/2021).

Baca juga: Penyesalan Terbesar Soeharto Sebelum Benny Moerdani Tiada, Dulu Abaikan Sang Jenderal TNI: Andai

Menurutnya, penggalangan dana ini merupakan usaha terduga kelompok teroris di wilayah hulu. Karenanya, di wilayah ini pula, kegiatan itu harus dipangkas.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved