Breaking News:

Berita Jatim

Suplai Oksigen dari Asosiasi BUMN di Jatim Terus Berjalan, Khofifah Terima 31 Ton Oxygen Liquid

Suplai oksigen dari Asosiasi BUMN di Jawa Timur terus berjalan, hari ini Gubernur Khofifah menerima 31 ton oxygen liquid.

Penulis: Fatimatuz Zahroh | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Fatimatuz Zahroh
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, dan Dirut Petrokimia, Dwi Satriyo Annurogo, saat melakukan pelepasan bantuan oksigen cair dari Asosiasi BUMN di kawasan Petrokimia Gresik, Senin (30/8/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Fatimatuz Zahroh

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - Angka penambahan kasus Covid-19 (virus Corona) di Jawa Timur mulai melandai.

Namun upaya preventif jika terjadi lonjakan kasus kembali terus dilakukan lintas sektor bersama Pemerintah Provinsi Jawa Timur

Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Asosiasi BUMN yang ada di Jawa Timur, mereka hingga kini terus memberikan suplai oksigen yang kontinyu untuk penanganan Covid-19 di Jawa Timur.

Asosiasi BUMN di Jatim yang dikomandani oleh Petrokimia Gresik melakukan pelepasan bantuan oksigen cair untuk Pemprov Jawa Timur, Senin (30/8/2021).

Pelepasan bantuan sebanyak 31 ton tersebut dilakukan langsung dari Petrokimia dan dihadiri oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, serta Dirut Petrokimia, Dwi Satriyo Annurogo.

Pasalnya bantuan oksigen cair ini dipergunakan untuk memberikan suplai rumah sakit, pusat-pusat isolasi dan juga rumah sakit darurat se-Jawa Timur. 

Tidak hanya menyerahkan bantuan, dalam kesempatan yang sama, Gubernur Khofifah juga diajak Dirut Petrokimia Gresik untuk meninjau air separation plant yang baru saja difungsikan kembali setalah 10 tahun tidak beroperasi.

Unit tersebut diharapkan bisa menjadi pemasok kontinyu oksigen di Jatim karena kapasitas produksi yang mencapai 23 ton per hari. 

"Unit ini sudah 10 tahun tidak beroperasi dan kita lakukan dengan segala upaya dan kita kerja keras dengan cepat sehingga kini sudah berproduksi maksimal. Memang Covid-19 sekarang sudah menurun, tapi kami tidak menurunkan kewaspadaan sehingga kita harap ini akan bisa membantu masyarakat Jawa Timur," kata Dirut Petrokimia Gresik Satriyo. 

Baca juga: Khofifah Tinjau Hari Pertama PTM Terbatas, Ada 696 Ribu Siswa SMA SMK dan SLB Belajar di Kelas

Hingga kini Asosiasi BUMN di Jawa Timur masih aktif dalam memberikan suplai oksigen hingga 50 ton per minggu bagi Pemprov Jatim yang kemudian disalurkan untuk rumah sakit dan masyarakat. 

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyampaikan terima kasihnya atas support yang berkelanjutan dari Asosiasi BUMN yang ada di Jawa Timur

"Kita dapat suplai oksigen yang kontinyu, sampai 50 ton per minggu. Apalagi sekarang di sini ada air separation plant yang memproduksi 23 ton oksigen liquid per hari. Ini akan menjadi penguatan pemenuhan kebutuhan oksigen di Jawa Timur," tegas Khofifah. 

Meski kasus relatif menurun, namun kewaspadaan terus harus dibangun. Seperti yang dilakukan Pemprov Jatim, pekan lalu Khofifah juga baru saja menambah puluhah ruang HCU dan ICU di RSUD Dr Soetomo Surabaya. Artinya menurut Khofifah upaya membangun antisipasi tidak boleh ditinggalkan selama masih pandemi.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved