Breaking News:

OTT KPK di Probolinggo

Sore Ini Gubernur Khofifah Akan Serahkan SK Plt Bupati Probolinggo Pengganti Puput Tantriana

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dijadwalkan akan menyerahkan SK pengangkatan Wakil Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko sebagai Plt

Penulis: Fatimatuz Zahroh | Editor: Januar
Istimewa/TribunJatim.com
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, 2021. 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Fatimatuz Zahroh

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dijadwalkan akan menyerahkan SK pengangkatan Wakil Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko sebagai Plt Bupati Probolinggo menggantikan Puput Tantriana Sari, pada sore ini, Selasa (31/8/2021). 

Pengangkatan Plt Bupati Probolinggo dilakukan pasca Puput Tantriana Sari ditangkap dalam operasi tangkap tangan KPK atas dugaan kasus jual beli jabatan kepala desa, Senin (30/8/2021) dini hari. 

Puput Tantriana Sari diciduk KPK bersama suami yaitu Hasan Aminuddin, yang juga Mantan Bupati Probolinggo dua periode serta anggota DPRD Kabupaten Probolinggo, beserta 20 orang yang lain.

Sebanyak 22 orang termasuk Puput Tantriana Sari dan Hasan Aminuddin itu kini telah ditetapkan KPK sebagai tersangka. 

Atas kondisi tersebut, Pemerintah Provinsi Jawa Timur telah melakukan konsultasi dan koordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri terkait kondisi di Kabupaten Probolinggo. Guna menghindari kekosongan pemerintahan, maka Pemprov Jatim menyiapkan pengangkatan Plt Bupati.

Dimana sesuai aturan, Wakil Bupati Probolinggo yang diangkat sebagai Plt Bupati guna mengisi jabatan Puput Tantriana Sari yang kini kosong sementara dirinya menjalani proses hukum.

Baca juga: Data Pelempar Pil Dobel L Lapas Tuban Dikantongi Polisi, Keberadaan Pelaku Diungkap

“Iya, insya Allah nanti sore kami akan menyampaikan SK nya. SK dari Kemendagri untuk Plt Bupati Probolinggo sudah turun satu jam yang lalu,” kata Gubernur Khofifah pada Surya. 

Pasalnya, sejak Puput Tantriana Sari ditangkap KPK, Pemprov Jatim memang segera menyiapkan langkah-langkah strategis guna menghindari kekosongan pemerintahan di Kabupaten Probolinggo

Pemprov Jatim sempat menunggu penetapan status 1 x 24 jam setelah penangkapan. Jika dinyatakan sebagai tersangka dan dilakukan penahanan, maka memang harus dilakukan pengangkatan Plt dengan atas izin dari Kementerian Dalam Negeri.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved