Breaking News:

Berita Kota Malang

Hari Pelanggan Nasional, Ketua Ombudsman RI Lakukan Sidak ke Kantor BPJS Ketenagakerjaan Malang

Dalam rangka Hari Pelanggan Nasional, Ketua Ombudsman RI melakukan sidak ke Kantor BPJS Ketenagakerjaan Malang: Ini bisa dikembangkan.

Penulis: Kukuh Kurniawan | Editor: Dwi Prastika
TribunJatim.com/Kukuh Kurniawan
Ketua Ombudsman RI, Mokh Najih, saat menyerahkan secara simbolis manfaat program perlindungan kerja bukan penerima upah kepada ahli waris, didampingi oleh Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Anggoro Eko Cahyo di Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Malang, Kamis (2/9/2021). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Kukuh Kurniawan

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Dalam rangka menyambut Hari Pelanggan Nasional, Ketua Ombudsman RI, Mokh Najih melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Malang, Kamis (2/9/2021).

Dalam sidak tersebut, Mokh Najih juga didampingi oleh Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Anggoro Eko Cahyo, dan Kepala Ombudsman Jawa Timur, Agus Muttaqin.

Ketua Ombudsman RI, Mokh Najih mengatakan, pelayanan publik di kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Malang sudah sangat bagus. Semua sistem sudah tertata sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP).

"Saya kira, hal ini bisa dikembangkan oleh (kantor layanan) BPJS lainnya. Demikian juga ke depannya, saya kira pelayanan-pelayanan yang bersifat virtual atau online juga harus terus dikembangkan. Karena pasca pandemi Covid-19, masyarakat harus kita layani secara tidak fisik. Sebagai upaya untuk mengembangkan pelayanan yang bebas dari peluang-peluang adanya korupsi, kolusi, dan nepotisme," ujarnya kepada TribunJatim.com, Kamis (2/9/2021).

Dirinya juga menjelaskan, pasca pandemi Covid-19 nanti, pihak Ombudsman akan terus mendorong pusat layanan publik untuk meningkatkan pelayanan online. Sebab di era ini, semua layanan kelembagaan swasta serba online.

"Sehingga, kami berharap pelayanan yang diselenggarakan negara juga harus daring. Saya kira, BPJS Ketenagakerjaan bisa menjadi salah satu motor penggerak untuk penyelenggaraan pelayanan online," terangnya.

Baca juga: DLH Akui Pembayaran Insentif Pemakaman di Kota Malang Telat 4 Bulan, Ini Alasannya

Sementara itu, Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Anggoro Eko Cahyo menerangkan, sebagai pelayan publik, kehadiran Ombudsman sangat dinanti. Dengan begitu, BPJS Ketenagakerjaan bisa mendapatkan masukan dari Ombudsman.

"Jadi, arahan beliau tadi salah satunya adalah layanan non fisik terus ditingkatkan. Kita ingin peserta yang klaim itu tidak perlu datang ke kantor cabang, tetapi cukup di rumah, di jalan, dimanapun, anytime, anywhere, anyhow bisa melakukan klaim. Aplikasinya itu bernama Jamsostek Mobile (JMO). Dan aplikasinya itu sudah ada di Google Playstore dan bisa dicoba dan didownload," jelasnya.

Anggoro juga menegaskan beberapa tugas penting dari BPJS Ketenagakerjaan.

"Yang pertama, memperluas coverage kepesertaan. Yang kedua setelah mereka bergabung, membuat mereka mudah dan nyaman serta terlindungi. Karena tujuan kita adalah mensejahterakan pekerja, khususnya pada saat nanti terjadi risiko dan kehilangan kemampuan mencari penghasilan. Dan yang ketiga, tentu saja memberikan manfaat sebesar-besarnya pada saat di hari tua, yaitu dengan bentuk jaminan hari tua yang jumlahnya memadai," bebernya.

Sementara itu, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Malang, Imam Santoso menambahkan, pihaknya terus berupaya agar peserta mudah menikmati pelayanan.

Yaitu, dengan melakukan sosialisasi kepada kelompok masyarakat, baik secara instansi maupun komunitas sosial agar mereka mengetahui manfaat dari BPJS Ketenagakerjaan.

"Saya yakin jika semua paham manfaat besar dari BPJS Ketenagakerjaan, mereka akan segera mendaftar. Apalagi, sekarang ada aplikasi JMO yang dapat digunakan di manapun dan di mana-mana dan kapan saja," tandasnya.

Kegiatan sidak tersebut ditutup dengan pemberian secara simbolis manfaat program perlindungan kerja bukan penerima upah kepada ahli waris.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved