Breaking News:

Berita Kabupaten Malang

Anggaran Fantastis Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Malang untuk Beli Sapi dan Kambing

Anggaran fantastis Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Malang untuk membeli sapi dan kambing etawa.

Penulis: Erwin Wicaksono | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Benni Indo
Ilustrasi sapi - Anggaran Fantastis Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Malang untuk Beli Sapi dan Kambing. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Erwin Wicaksono

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Dana sebanyak Rp 1 miliar dianggarkan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Malang untuk pengadaan paket bibit sapi dan kambing etawa.

"Memang sesuai RUP (rencana umuk pengadaan) untuk pengadaan lelang sapi dan kambing memang sesuai yang di situ. Ada 4 paket, detailnya saya gak hafal spesifikasinya," beber Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Malang, Nurcahyo ketika dikonfirmasi, Jumat (3/9/2021).

Kata Nurcahyo, jenis bibit sapi yang dibeli di antaranya terdapat jenis sapi cross betina.

"Ada sapi itu paket pertama ada 100 ekor sapi bakalan (bibit) cross betina. Yang paket kedua kalau gak salah 95 ekor. Untuk sapi perah saya lupa berapa ekor," bebernya.

"Itu sebenarnya di pengumuman ada (jumlah detailnya), saya takut keliru menyebut detailnya. Kalau ada perubahan-perubahan tidak paham," lanjutnya.

Menurut Nurcahyo, pengadaan sapi dan kambing senilai miliaran rupiah itu merupakan bagian dari mendukung kemajuan peternakan di Kabupaten Malang.

"Setiap tahun pendanaan ini selalu ada, tapi tahun ini lebih banyak karena untuk mendukung PEN dan mengakomodir dari Musrenbang. Jadi pertimbangannya dari usulan Musrenbang dan mendukung program PEN. Serta ternak itu akan dihibahkan kepada kelompok ternak dan dikembangkan di kelompok ternak itu," tutupnya.

Baca juga: Kepala UPT Pemakaman DLH Kota Malang Dimutasi, Pasca Adanya Dugaan Penggelapan Dana

Terkait rincian dana berdasarkan data https://lpse.malangkab.go.id/eproc4 terdapat 4 paket sapi yang dimasukkan dalam pengadaan.

Seperti pengadaan sapi bibit cross betina (paket II) dengan nilai pagu Rp 1.900.000.000,- dan nilai harga perkiraan sendiri atau HPS Rp 1.707.625.000,-.

Lalu ada juga pengadaan sapi bibit cross betina paket I dengan nilai pagu Rp 2.000.000.000,- dan nilai HPS Rp 1.797.500.000,-.

Pada pengadaan sapi perah nilai pagunya Rp 2.376.000.000,- dan nilai HPS-nya Rp 2.369.700.000,-.

Sementara untuk pengadaan kambing peranakan etawa nilai pagunya Rp 1.812.559.000,- dan nilai HPS Rp 1.613.080.000,-.

"Pada tahun 2020 pengadaan barang di Kabupaten Malang mencapai 200 hingga 300 paket. Namun saat ini hanya berkisar 150 paket secara total," sebutnya.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved