Breaking News:

Cara Mudah Cegah Kerusakan Mesin Mobil karena Jarang Dipakai, Auto2000: Kuncinya Ada di Oli Mesin

Cara mudah untuk mencegah kerusakan mesin mobil karena jarang dipakai, Aftersales Division Head Auto2000: Kuncinya ada di oli mesin.

Penulis: Fikri Firmansyah | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com
Mekanik Auto2000 sedang melakukan perawatan kendaraan konsumen, Jumat (3/9/2021). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di masa pandemi Covid-19 (virus Corona) telah membatasi aktivitas masyarakat, sehingga mobil jarang digunakan dan hanya terparkir lama di garasi.

Situasi tersebut bisa membawa dampak negatif pada pemilik mobil, yakni segan atau lupa merawat kendaraannya, terutama mengenai oli mesin yang memegang peran sangat penting, meskipun kendaraan tidak dipakai dalam jangka waktu lama.

Aftersales Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara mengatakan, oli mesin memegang peran yang sangat penting pada sebuah kendaraan.

Menurut Tara, sebagian dari pemilik mobil hanya tahu fungsi dari oli mesin adalah sebagai pelumas antar komponen mesin yang saling bergesekan untuk mengurangi risiko aus, sehingga dapat bergerak secara optimal sepanjang waktu.

Padahal, dalam prosesnya, oli melarutkan kotoran yang ada di dalam mesin dan membawanya ke filter oli untuk disaring.

Kotoran tersebut timbul dari debu yang masuk melalui celah seal, bisa karena bocor atau sudah termakan usia, dan akibat gesekan antarkomponen dalam mesin berupa serpihan logam halus.

Baca juga: Ada PPnBM 100% Saat PPKM, Gini Cara Beli Mobil Baru Toyota Secara Online Via Auto2000 Digiroom

"Itulah mengapa filter oli mesin wajib diganti sesuai rekomendasi untuk menjaga kinerjanya supaya tetap optimal," ujar Tara, Jumat (3/9/2021).

Tara menjelaskan, fungsi lain dari pelumas adalah membantu mendinginkan mesin di mana panas yang timbul dari gesekan antarkomponen di dalam mesin akan diteruskan oleh oli mesin ke dinding blok mesin dan selanjutnya dilepaskan keluar.

"Yang tidak kalah penting, senyawa kimia yang terdapat di dalam oli mesin akan mencegah terjadinya karat pada komponen di dalam mesin untuk menjaga usia pakainya," pungkasnya.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved