Breaking News:

Berita Malang

Dosen Pendidikan Kepelatihan Olahraga UM Bekali Mahasiswa Menulis Jurnal

Dosen Pendidikan Kepelatihan Olahraga Universitas Negeri Malang (UM) membekali mahasiswa menulis artikel ilmiah untuk jurnal sebagai penunjang  syarat

Penulis: Sylvianita Widyawati | Editor: Ndaru Wijayanto
istimewa
Kegiatan pelatihan penyusunan artikel ilmiah oleh tim dosen pengabdian masyarakat FIK UM. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Sylvianita Widyawati

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Dosen Pendidikan Kepelatihan Olahraga Universitas Negeri Malang (UM) membekali mahasiswa menulis artikel ilmiah untuk jurnal sebagai penunjang  syarat kelulusan.

Dalam perkembangannya, publikasi ilmiah menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam dunia pendidikan. 

Merujuk pada Surat edaran Dirjen Belmawa Kemritekdikti No B/323/B.B1/SE/2019 tanggal 31 Mei 2019, menyebutkan bahwa mahasiswa program sarjana, program magister, dan program doktor menyusun tugas akhir dan artikel ilmiah yang diterbitkan pada sebuah jurnal nasional atau internasional. 

Maka FIK UM berupaya mendorong mahasiswa mempublikasikan tugas akhir mereka pada sebuah jurnal. Hal itu disampaikan dalam rilisnya pada suryamalang.com, Kamis (2/9/2021). 

"Saya kesulitan dalam menulis artikel yang sesuai dengan kriteria jurnal nasional terakreditasi. Padahal itu menjadi syarat kelulusan untuk mendapatkan gelar magister," ungkap Ahadi Priyo Utomo, mahasiswa jenjang Magister di Jurusan Pendidikan Olahraga.

Adanya keluhan di mahasiswa, maka Yulingga Nanda Hanief, Prisca Widiawati, dan Supriatna yang merupakan dosen Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga FIK UM dan dibantu dua orang mahasiswa memberikan bekal kepada mahasiswa tingkat akhir khususnya dalam bentuk Open Online Course. 

Tidak hanya bekal menulis artikel, tapi ketiga dosen tersebut juga mendampingi secara teknis bagaimana menggunakan aplikasi pengutipan secara otomatis dengan menggunakan Mendeley.

Kegiatan tersebut dibatasai maksimal 20 peserta secara daring lewat Massive Open Online Course (MOOC) yang dikembangkan UM.

Peserta diminta mengisi kuesioner baik sebelum maupun sesudah mengikuti pelatihan guna mengetahui adanya peningkatan pemahaman penulisan artikel ilmiah.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved