Breaking News:

Berita Gresik

Pembayaran Ganti Rugi Pembebasan Lahan Kali Lamong di Cerme Ditargetkan Tuntas September

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani menargetkan pembebasan lahan seluas 5 hektare di Kecamatan Cerme tuntas di bulan September

Penulis: Willy Abraham | Editor: Januar
TribunJatim.com/ Willy Abraham
Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani saat menyaksikan proses pembayaran ganti rugi di balai desa Tambak Beras, Selasa (31/8/2021). 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Willy Abraham

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani menargetkan pembebasan lahan seluas 5 hektare di Kecamatan Cerme tuntas di bulan September.

Sehingga akan membebaskan 5 hektare lahan berikutnya, karena ketentuan pemerintah Kabupaten hanya bisa membebaskan lahan tidak lebih dari 5 hektare.

Pada tahap awal,  lima hektare lahan Kali Lamong dibebaskan dengan total anggaran sebesar Rp 5,9 miliar.

Membayar ganti rugi kepada pemilik lahan untuk pengadaan tanah yang terkena pembangunan pengembangan sistem pengendalian banjir Kali Lamong tahun 2021.

Orang nomor satu di Kabupaten Gresik ini menyebut proses pembayaran ganti rugi berjalan lancar.

Tidak ada gejolak dari pemilik lahan saat proses berlangsung.

Meski penganangan banjir Kali Lamong berjalan per 5 hektare, Gus Yani sapaan akrab Fandi Akhmad Yani berkomitmen menuntaskan persoalan yang cukup lama, cukup panjang bertahun-tahun di Gresik.

Petani di sekitar bantaran kali lamong selalu dihantui kerugian mulai dari menamam padi, dan pembudi daya ikan.

"Pemkab Gresik komitmen dalam pengendalian banjir Kali Lamong. BBWS membangun tanggul. Kami ditugaskan untuk membebaskan lahan kali Lamong di Gresik ada 62 kilometer. Program ini berkelanjutan per 5 hektare. Kita tentukan lokasinya. Alhamdulilah kita mulai di Cerme di desa Tambak Beras, Kono dan sekitarnya. Mudah-mudahan ini lancar berkelanjutan," beber pria yang akrab disapa Gus Yani, Jumat (3/9/2021).

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved