Breaking News:

Berita Gresik

Tim Cyber Bea Cukai Gresik Ungkap Penjualan Rokok Tanpa Cukai Dijual Melalui Media Sosial  

Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea Cukai (KPPBC) Kabupaten Gresik membongkar jaringan penjual rokok ilegal yang dijual melalui media sosial, Kamis

Penulis: Sugiyono | Editor: Januar
TribunJatim.com/Willy Abraham
Rokok ilegal yang diamankan Bea Cukai Gresik, Kamis (2/9/2021). 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Sugiyono

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea Cukai (KPPBC) Kabupaten Gresik membongkar jaringan penjual rokok ilegal yang dijual melalui media sosial, Kamis (2/9/2021).

Barang bukti yang diamankan yaitu 381.880 batang rokok polos jenis sigaret kretek mesin (SKM) 16 jenis senilai hampir Rp 400 Juta.

Kepala Bea Cukai Gresik, Bier Budy Kismuljanto mengatakan dari hasil patroli cyber di media sosial ditemukan penjual rokok SKM tanpaa pita cukai. 

Untuk menangkapnya, dilakukan dengan pura-pura membeli barang tersebut. Setelah dipastikan tidak ada pita cukai pada rotok SKM tersebut, pelaku langsung diamankan untuk dimintai keterangan.

“Dua pelaku inisial T dan A dimintai keterangan. Ternyata, mereka menyimpan barangnya gudang wilayah Gresik dan Lamongan,” kata Bier Budy Kismuljanto.

Dari hasil penangkapan kedua penjual rokok SKM tanpa pita cukai tersebut dimankan barang bukti 381.880 bungkus rokok SKM tanpa pita cukai dengan 16 jenis. 

Baca juga: Sebelum Mundur dari Presiden, Soeharto Ternyata Sudah Siapkan Sosok Pengganti, Sebut Tidak Ambisi

Barang tersebut senilai hampir Rp 400 Juta. “Dari perbuatan ini negara dirugikan mencapai Rp 274 Juta lebih,” imbuhnya.

Lebih lanjut Bier Budy Kismuljanto mengatakan, atas terungkapnya penjualan rokok SKM tanpa pita cukai, pelaku bisa dikenakan ancaman hukuman pidana selama 1 tahun dan maksimal 5 tahun.

Sementara, Kepala Bagian Perekonomian Pemkab Gresik, Widjajani Lestari mengatakan akan mendukung kinerja Bea Cukai Kabupaten Gresik dalam memberantas peredaran rokok SKM tanpa pita cukai.

“Kami akan terus memberikan dukungan untuk meningkatkan pendapatan negara, sehingga kinerja Bea Cukai harus kita dukung,” kata Widjajani Lestari. (ugy/Sugiyono).

Kumpulan berita Gresik terkini

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved