Berita Sidoarjo

Upaya Dorong Literasi di Sidoarjo Lewat Perpustakaan Desa

Sejumlah anak bergantian mendongeng di aula Balai Desa Pranti, Kecamatan Sedati, Sidoarjo, Jumat (3/9/2021).

Penulis: M Taufik | Editor: Januar
Tribunjatim.com/ M Taufik
Suasana launching Taman Baca Desa Pranti, Kecamatan Sedati, Sidoarjo 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, M Taufik

TRIBUNJATIM.COM, SIDOARJO - Sejumlah anak bergantian mendongeng di aula Balai Desa Pranti, Kecamatan Sedati, Sidoarjo, Jumat (3/9/2021). 

Kepala desa, perangkat, dan sejumlah tokoh masyarakat terlihat antusias mendengarkan dongengan anak-anak itu. Termasuk pejabat dan beberapa pegawai dari DPPU (Depot Pengisian Pesawat Udara) Juanda yang hadir di sana. 

Di sisi lain, sejumlah anak lain sibuk beradu skil dalam acara lomba menggambar yang diselenggarakan di halaman Balai Desa Pranti. 

Berbagai kegiatan itu merupakan rangkaian acara Launching Perpustakaan Tumbuh Kembang Desa Pranti. Taman baca itu dipusatkan di Balai Desa. 

“Tahun ini memang salah satu fokus kami adalah mengembangkan perpustakaan. Taman baca di sini sangat tepat, karena balai desa berada di sekitar sekolah. Ada SD, MI, dan sebagainya,” ujar Suhaini, Kepala Desa Pranti.

Perpustakaan Desa Pranti disebutnya sangat membanggakan. Dua tahun lalu, ketika awal berdiri, sudah dipercaya mewakili Kecamatan Sedati dalam lomba di tingkat kabupaten. 

“Dan Alhamdulillah, waktu itu juara. Jadi saya rasa sangat tepat ketika Pertamina DPPU Juanda mensupport perpustakaan ini,” lanjutnya. 

Ya, pengembangan perpustakaan di Desa Pranti mendapat dukungan dari CSR DPPU Juanda. Mulai dari renovasi gedung, perlengkapan perpustakaan, fasilitas baca, laptop, dan ratusan buku dikucurkan untuk mendorong pertumbuhan perpustakaan ini. 

Baca juga: Jitunya Cara Kopassus Saat Hadapi Tentara Gurkha di Malaysia, Cukup Satu Tembakan Bikin Lawan Keder

“Literasi menjadi hal yang sangat penting di era sekarang ini. Sehingga Pertamina ikut aktif mendorong gerakan literasi di desa. Utamanya desa yang berada di sekitar wilayah kerja kami, kawasan Juanda,” ujar Ridwan, Operation Head DPPU Juanda.

Ke depan, Pertamina akan terus memantau dan mengevaluasi program ini. Jika terus berkembang bagus sebagaimana namanya, Tumbuh Kembang, maka program CSR untuk perpusatakaan ini akan dilanjutkan dan ditingkatkan.

Tapi sebaliknya, jika jalan di tempat atau malah tidak jalan, Pertamina juga akan berat untuk melanjutkan program CSR-nya. 

“Maka, kami berpesan agar perpustakaan ini harus dikelola dengan baik supaya terus berkembang dan bermanfaat bagi masyarakat di bidang literasi,” tambah Ridwan.(ufi)

Kumpulab berita Sidoarjo terkini

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved