Breaking News:

Berita Surabaya

Edukasi Bahaya Plastik Sekali Pakai, Relawan Sungai Brantas Gelar Pameran 'Fish Fersus Flastik'

Relawan Sungai Brantas lakukan persiapan instalasi sampah sachet untuk pameran Fish Fersus Flastik. edukasi bahaya penggunaan plastik sekali pakai.

Penulis: Zainal Arif | Editor: Hefty Suud
TribunJatim.com/Zainal Arif
Beberapa relawan melakukan persiapan akhir pameran Fish Fersus Flastik di Gedung Inspirasi Ecoton Dusun Krajan RT 1, RW 5 Gang 3 Desa Wringinanom, Sabtu (4/9/2021).  

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Zainal Arif

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Relawan Sungai Brantas lakukan persiapan terakhir instalasi sampah sachet untuk pameran Fish Fersus Flastik di Gedung Inspirasi Ecoton di Dusun Krajan RT 1, RW 5 Gang 3 Desa Wringinanom, Sabtu (4/9/2021). 

Pameran yang akan dilaksanakan pada awal kemarau 2021 ini akan memamerkan 5 instalasi sampah plastik yang mengekspos sachet, botol air minum sekali pakai, tas kresek, sampah impor dan sedotan.

Hal itu sengaja dibuat sebagai upaya edukasi terhadap bahaya penggunaan plastik sekali pakai

Praktisnya sachet sebagai wadah kopi atau minuman ringan meninggalkan kisah panjang kerusakan lingkungan. 

Baca juga: Rotasi di Polrestabes Surabaya, Ada Nama 2 Perwira yang Sempat Diperiksa Terkait Kasus Narkoba

Koordinator kampanye tolak plastik Ecoton, Firly Jannah menjelaskan sachet merupakan jenis sampah residu yang tidak bisa didaur ulang karena bentuknya multilayer (disusun dari berbagai jenis plastik dan alumunium).

"Umumnya sisa sachet akan dibuang atau berakhir di lautan. Sampah plastik yang mengapung di sungai Brantas 42 persennya adalah sampah popok dan 21 persennya adalah sampah sachet," ujar Firly Jannah.

Sampah sachet yang terbuang di lautan akan terfragmentasi atau terpecah-pecah menjadi mikroplastik yang dikonsumsi oleh biota air, ikan salah satunya.

"Ecoton menemukan 72 persen ikan di sungai Brantas terkontaminasi mikroplastik, 14 spesies ikan di selat Madura makan plastik, kerang, kupang, udang dan teripang," terangnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved