Breaking News:

Perencanaan Keuangan Penting untuk Milenial, Begini Cara Kelolanya! Jangan Terkena Jebakan Finansial

Perencanaan keuangan penting untuk kaum milenial, begini cara mengelolanya! Jangan terkena jebakan finansial.

Penulis: Fikri Firmansyah | Editor: Dwi Prastika
Pixabay via Tribun Bali
Ilustrasi perencanaan keuangan atau financial planning. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Setiap orang memiliki rencana atau tujuan masa depan yang ingin dicapai.

Rencana tersebut bisa berbentuk keinginan untuk membeli rumah, umrah atau haji, pesta pernikahan impian, ataupun keinginan pensiun dini di masa tua.

Untuk mencapai tujuan tersebut, perencanaan keuangan atau financial planning penting dilakukan sejak dini.

“Yang harus melakukan financial planning ini tidak hanya orang tua, tetapi milenial juga penting memahami hal ini, agar tujuan masa depan lebih cepat diraih nantinya,” terang Rizka Radita dalam webinar Airlangga Career Club bertemakan Smart Financial Planning for Millenials, Jumat (3/9/2021).

Perempuan yang akrab disapa Rizka itu menjelaskan, milenial zaman sekarang banyak yang terlena oleh jebakan finansial, sehingga tidak mampu mengelola keuangan dengan baik.

Beberapa dari jebakan finansial tersebut, yang pertama adalah fear of missing (FOMO) atau rasa selalu ingin menjadi orang pertama yang update akan segala hal.

Rasa tersebut secara tidak langsung membuat milenial sering melakukan pengeluaran tak terduga yang memicu terjadinya out impulse spending.

Selain itu, jebakan lainnya yang sering terjadi adalah sukanya milenial terhadap experience spending dengan melakukan kongkow atau sekadar nongkrong di kafe demi mendapatkan objek foto bagus untuk konten media sosial.

“Bahkan tidak sedikit juga milenial yang sekarang berani berutang untuk memenuhi kebutuhan tersier. Kalau jebakan itu terus dilakukan, maka semakin banyak pula uang yang terbelanjakan dengan sia-sia,” jelasnya.

Baca juga: Mesin CS Digital BCA dan Halo BCA Tanpa Pulsa Jadi Layanan Perbankan Digital Jaman Now

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved