Breaking News:

Berita Kota Kediri

Pemkot Kediri Lakukan Antisipasi Kemungkinan Kekeringan dan Kebakaran di Musim Kemarau

Pemkot Kediri melakukan antisipasi kemungkinan kekeringan dan kebakaran di musim kemarau. Ada beberapa spot yang menjadi perhatian.

Penulis: Didik Mashudi | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com
Petugas UPT Damkar Kota Kediri melakukan pemadaman kebakaran yang terjadi pada musim kemarau, 2021. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Didik Mashudi

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Pemkot Kediri telah melakukan upaya antisipasi kemungkinan terjadinya kekeringan dan kebakaran lahan pada musim kemarau di beberapa titik di Kota Kediri.

Kepala Satpol PP Kota Kediri, Eko Lukmono Hadi menjelaskan, terdapat beberapa spot potensial terjadinya kebakaran lahan, yaitu kawasan hutan di Kelurahan Pojok.

Selain itu, kebakaran lahan tebu di Kelurahan Manisrenggo, Tempurejo, Ngronggo, Ketami dan Bawang.

"Kami mengimbau masyarakat tidak sembarangan membuang puntung rokok atau melakukan kegiatan bakar-bakar saat musim kering berangin seperti saat ini. Jika tidak hati-hati, bisa menimbulkan bencana kebakaran," ungkap Eko Lukmono, Minggu (5/9/2021).

Sementara Kepala Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Kediri, Fanni Eryanto, menyampaikan, Tim Damkar Kota Kediri selalu siap sedia jika ada panggilan darurat kebakaran.

“Sudah beberapa kali terjadi kebakaran lahan tebu, hal ini terjadi karena petani tidak bisa mengendalikan api saat membakar lahan sisa panen. Kegiatan membakar sampah, selain menimbulkan polusi, api yang ditimbulkan bisa merembet kemana-mana jika tidak diawasi,” ungkapnya.

Sementara Lurah Ngronggo, Heru Sugiarto menambahkan, telah berkoordinasi dengan kelompok tani.  Karena wilayahnya yang berdekatan dengan lahan perkebunan tebu, sehingga rawan kebakaran lahan.

“Kami mewanti-wanti para petani untuk tidak membakar daduk bekas panen tebu saat angin kencang. Kalau membakar daduk, yang paling penting tidak ditinggal sebelum api padam, selalu diawasi,” ujarnya.

Di wilayahnya sempat terjadi kebakaran lahan tebu yang belum dipanen dekat permukiman warga.

Baca juga: Suka Duka Petugas Call Center Covid-19 Kota Kediri, Hadapi Penanya Cemas Berlebih hingga Tidak Sopan

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved