Breaking News:

Berita Jatim

Jelang Susenas, Gubernur Khofifah Minta Kepala Daerah Segera Cairkan BLT Dana Desa dan Bansos

Jelang survei sosial ekonomi nasional (Susenas), Gubernur Jatim Khofifah minta kepala daerah segera cairkan BLT Dana Desa dan bansos.

Penulis: Fatimatuz Zahroh | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Rabu (1/9/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Fatimatuz Zahroh

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa meminta seluruh kepala daerah untuk mempercepat pencairan BLT Dana Desa dan juga bantuan sosial (bansos).

Hal itu ia sampaikan dalam forum koordinasi bersama para kepala daerah. 

Ia menyampaikan, pencairan program dan dana intervensi untuk masyarakat tak mampu diharapkan bisa disegerakan untuk membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat tak mampu di tengah pandemi Covid-19 (virus Corona).

Tidak hanya itu, Gubernur Khofifah juga menyampaikan, dalam bulan ini sekitar pekan ketiga bulan September, Badan Pusat Statistik (BPS) akan turun guna melakukan pendataan untuk survei kondisi kemiskinan di Jawa Timur.

BPS akan memotret kondisi riil masyarakat Jatim dalam program survei sosial ekonomi nasional (Susenas). 

“Harusnya per hari ini BPS sudah akan turun Susenas. Hasil Susenas ini akan mengapdate terkait tingkat kemiskinan di masing-masing daerah. Tapi karena ada kendala, maka BPS kemungkinan akan mulai turun pada 21 September sampai 16 Oktober 2021,” kata Khofifah, Senin (6/9/2021).

Dalam list pertanyaan survei Susenas itu, beberapa yang akan ditanyakan di antaranya adalah seputar bagaimana kondisi keluarga, sampai pertanyaan detail sekeluarga tersebut mengkonsumsi apa untuk makanan kesehariannya dalam waktu sepekan terakhir. 

Oleh sebab itu, Khofifah berpesan pada para kepala daerah agar segera mempercepat pencairan BLT Dana Desa maupun program bansos yang lain. Sehingga bisa menjadi intervensi pemenuhan kebutuhan masyarakat pada minggu-minggu ini. 

“Biasanya dalam pertanyaan survei itu memang ditanyakan seminggu terakhir ibu bapak makan apa. Jadi pertanyaannya detail dan jangkanya sangat pendek. Maka, saya pesan, mohon dicek BLT Dana Desa cair. September ini pastikan cair,” tegas Khofifah. 

Baca juga: Khofifah Tegaskan BOR Covid-19 di Jawa Timur Sudah 27 Persen, Tanda Kasus Terkendali dan Melandai

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved