Breaking News:

Berita Surabaya

Kronologi Truk Trailer Muatan Pampers Melintang Tutupi Jalan Hingga Bikin Tol Sidoarjo Macet Parah

Para pengendara mungkin sempat dibuat geram adanya kemacetan saat melintas di Tol Sidoarjo, dari arah Tanggulangin, pada Selasa (7/9/2021).

Penulis: Luhur Pambudi | Editor: Ndaru Wijayanto
TRIBUNJATIM/LUHUR PAMBUDI
Kondisi truk trailer bernopol L-9663-UK, bermuatan pampers yang dikemudikan Casmir Sitorang (47) yang melintang di Tol Sidoarjo, Selasa (7/9/2021) 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Luhur Pambudi

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Para pengendara mungkin sempat dibuat geram adanya kemacetan saat melintas di Tol Sidoarjo, dari arah Tanggulangin, pada Selasa (7/9/2021).

Ternyata, penyebab tersendatnya arus lalu lintas di ruas jalan tol tersebut, dikarenakan sebuah truk trailer bermuatan peti kemas, terperosok dalam keadaan melintang menutupi hampir seluruh badan jalan.

Ceritanya, truk trailer bernopol L-9663-UK, bermuatan pampers yang dikemudikan Casmir Sitorang (47) melaju dari arah Tanggulangin menuju Sidoarjo.

Setibanya di KM 758/A, terdapat sebuah mobil colt diesel tak diketahui nopolnya bermanuver mendadak dengan memepet truk trailer dari sisi kanan ke kiri.

Saking mepetnya manuver mobil tersebut, ternyata malah membuat pengemudi truk trailer secara otomatis terhimpit dan kehilangan jarak aman ruas jalan, hingga menyerempet pembatas jalan.

Lantaran tak ingin membuat truk trailernya kehilangan kendali hingga terperosok. Sopir truk trailer langsung membelokkan kemudinya ke sisi kanan.

Tapi, ternyata siasat itu keliru. Justru membuat peti kemas bermuatan pampers di belakang truk terpelanting jatuh.

"Truk dipepet bagian bodi depan oleh kendaraan colt diesel yang tidak di ketahui nopolnya sampai mepet ke bahu jalan," kata Kasat PJR Ditlantas Polda Jatim AKBP Dwi Sumrahadi, saat dihubungi TribunJatim.com, Selasa (7/9/2021).

Tak berhenti di situ, manuver serba mendadak itu, juga membuat truk trailer makin kehilangan kendali hingga terperosok menghantam pembatas jalan sampai menembus ke jalur lain.

"Tidak dapat dikendalikan dan menabrak pembatas jalan tengah hingga ke lajur seberang (lajur A)," jelasnya.

Akibat bodi truk trailer yang teronggok melintang menutupi hampir seluruh badan jalan itu, menyebabkan kendaraan lain, mobil bok L300 bernopol H-9753-FQ yang dikemudikan Vicky Azrul Fheronia (31), tidak memiliki cukup ruang untuk melakukan manuver pengereman. Tak pelak, tabrakan susulan pun tak dapat dihindari. 

"Mobil bok berusaha mengerem namun tidak berhasil berhenti hingga menabrak kendaraan trailer yang melintang tersebut," tuturnya.

Berdasarkan analisisnya, ungkap Dwi, penyebab kecelakaan tersebut, karena kurangnya beretika dalam berlalu lintas di jalanan.

"Sehingga membahayakan pengguna jalan dan berakibat fatal," pungkasnya.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved