Breaking News:

Berita Surabaya

Sepatu hingga Seragam Sekolah Siswa SD-SMP di Surabaya akan Disamakan, Pemkot Libatkan UMKM

Pemkot Surabaya menyiapkan program menyeragamkan tas dan sepatu di SD dan SMP. Berlaku bagi sekolah negeri maupun swasta, program ini diharapkan dapat

Penulis: Bobby Constantine Koloway | Editor: Ndaru Wijayanto
SURYA/HABIBUR ROHMAN
Suasana Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Surabaya. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Bobby Koloway

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYAPemkot Surabaya menyiapkan program membuat sama seragam, tas dan sepatu di SD dan SMP. Berlaku bagi sekolah negeri maupun swasta, program ini diharapkan dapat menghilangkan kesenjangan di sekolah.

”Nantinya, semua harus sama. Mulai dari seragam, tas, hingga sepatu. Kami (Pemkot) yang akan buatkan. Ketika anak murid masuk sekolah, tidak ada lagi beda kaya dan miskin, kudu podo kabeh (semua harus sama),” kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.

Untuk mendukung program ini, produksi sepatu dan tas akan melibatkan UMKM Kota Surabaya. Sehingga, ini akan sekaligus membantu menggerakkan perekonomian di Kota Pahlawan.

Barang bisa dijual melalui koperasi sekolah. Sehingga, tidak ada perbedaan harga.

”Sehingga, kita menunjukkan bahwa Surabaya tidak ada lagi beda kasta tinggi dan rendah. Tidak ada yang bajunya orang kaya lebih bagus. Sekaligus, akan membantu pergerakkan ekonomi kita,” lanjutnya.

Sedangkan bagi yang tidak mampu membeli, pemkot akan memberikan intervensi. Pemkot akan memberikan dukungan lewat bantuan dari CSR.

Saat ini, Pemkot memiliki program orang tua asuh, yakni bantuan dari pengusaha untuk membiayai tiap anak dari keluarga Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Sehingga, warga yang kurang mampu atau telah masuk data MBR, dapat menyampaikan kondisi keluarganya melalui form yang nantinya tersedia di sekolah.

“Dari situ pemkot bisa memetakan mana keluarga yang membutuhkan intervensi. Di situlah pemerintah hadir. Surabaya ini kan budayanya gotong-royong, bahu-membahu,” imbuhnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved