Breaking News:

Berita Sidoarjo

Antisipasi Banjir, Pemkab Sidoarjo Kerahkan Alat Berat untuk Mengeruk Sampah di Sungai

Mengantisipasi banjir, Pemkab Sidoarjo mengerahkan alat berat untuk mengeruk sampah dan eceng gondok di sungai.

Penulis: M Taufik | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/M Taufik
Alat berat yang dikerahkan untuk mengeruk sampah dan eceng gondok di Kali Mangeten Kanal 3, Sukodono, Sidoarjo, Rabu (8/9/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, M Taufik

TRIBUNJATIM.COM, SIDOARJO - Mendekati musim penghujan, Pemkab Sidoarjo mulai melakukan sejumlah kegiatan untuk mengantisipasi terjadinya banjir, Rabu (8/9/2021).

Satu di antaranya dengan mengerahkan alat berat, mengeruk sampah dan eceng gondok yang banyak menumpuk di sungai.

Seperti yang dilakukan di Kali Mangeten Kanal 3.

Di sungai yang berada di timurnya perempatan Jalan Sukodono itu, alat berat dikerahkan untuk mengeruk eceng gondok dan berbagai sampah rumah tangga yang menumpuk di sana.

Sungai tersebut sudah dipenuhi tanaman eceng gondok dan sampah, hingga mengakibatkan aliran air terhambat. Petugas Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air (PUBMSDA) Sidoarjo mengerahkan sebuah alat berat dan dua truk untuk mengangkut sampahnya.

Total lebih dari 10 truk sampah yang diangkut. Sebagian besar sampah rumah tangga yang tertutup tanaman eceng gondok.

“Hal ini perlu menjadi perhatian kita semua. Sungai bukan tempat untuk membuang sampah. Dari pengerukan ini saja, ada lebih dari 10 truk sampah rumah tangga yang diangkut dari sini, belum lagi lokasi lain,” kata Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor di sela memantau pengerukan tersebut.

Sementara terkait eceng gondok, disebutnya bahwa itu kiriman dari barat. Termasuk dari rolak dan sebagainya, sampai ke Kali Mangeten Kanal 3.

Di sela memantau aktivitas itu, bupati yang akrab disapa Gus Muhdlor itu juga memerintahkan kepada Plt Kepala Dinas PUPR, Sigit Setyawan, untuk menyiagakan alat berat di sungai-sungai yang berpotensi terjadi penumpukan sampah.

Baca juga: Kecelakaan Maut di Sidoarjo, Mengerem Mendadak, Pemotor Asal Surabaya Oleng dan Terlindas Truk

"Ada 12 titik yang kita siapkan alat berat untuk siaga. Termasuk di Sidokare, Prambon dan Tulangan. Selain itu juga di Kali Dungus Sukodono ini, di sini setiap minggu petugas mengeruk sampah," lanjut Gus Muhdlor.

Selain itu, PUPR juga diminta untuk segera membentuk tim satgas kebersihan sampah kali. Satgas ini nantinya tugasnya setiap hari keliling membersihkan dan melakukan pengerukan kali yang sudah dangkal.

"Empat atau enam tim satgas nanti akan keliling, jangan mikir yang sulit-sulit, yang mudah dulu yang dikerjakan," lanjutnya.

Gus Muhdlor juga mengajak masyarakat Sidoarjo untuk bersama-sama peduli menjaga kebersihan sungai. Tidak membuang sampah rumah tangga di sungai, karena itu akan mengakibatkan sungai tersumbat dan berujung banjir di Sidoarjo.

"Ayo warga Sidoarjo mari kita sama-sama menjaga lingkungan kita bersih dari sampah. Terutama sampah yang ada di kali. Sebentar lagi memasuki musim hujan," pesannya.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved