Breaking News:

Berita Trenggalek

Ribuan Alat Timbang Pedagang Pasar di Trenggalek Direparasi secara Gratis

Ribuan alat timbangan milik pedagang pasar di Kabupaten Trenggalek direparasi ulang secara gratis. Reparasi yang dilakukan meliput uji tera ulang...

Penulis: Aflahul Abidin | Editor: Ndaru Wijayanto
surya/aflahul abidin
Petugas Diskomidag Kabupaten Trenggalek mereparasi alat timbang milik pedagang di Pasar Jongke, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Trenggalek, Rabu (8/9/2021). 

Laporan Tribun Jatim Network, Aflahul Abidin

TRIBUNJATIM.COM, TRENGGALEK - Ribuan alat timbangan milik pedagang pasar di Kabupaten Trenggalek direparasi ulang secara gratis.

Reparasi yang dilakukan meliput uji tera ulang, pembersihan, hingga pengecetan alat timbangan.

Reparasi gratis itu dilakukan di seluruh pasar tradisional yang ada di Kabupaten Trenggalek, yaitu berjumlah 25 pasar.

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin mengatakan, reparasi ulang alat timbangan secara gratis ini digelar untuk meningkatkan ekonomi di sektor perdagangan saat pandemi.

"Kami ingin sektor perdagangan tumbuh. Salah satu cara menumbuhkannya dengan meningkatkan kepercayaan konsumen. Agar setiap transaksi harus adil, alat timbangnya harus benar," kata Bupati.

Reparasi ulang alat timbangan gratis ini dimulai sejak 14 Agustus hingga 18 Oktober 2021.

Petugas dari Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Kabupaten Trenggalek berkeliling dari pasar ke pasar untuk memperbaiki timbangan setiap pedagang.

Pada Rabu (8/9/2021), reparasi itu digelar di Jongke di Kecamatan Gandusari. Puluhan alat timbangan berbagai jenis diperbaiki dan dicat ulang oleh petugas.

Sampai sekarang sudah 10 pasar yang kami datangi. Dan sudah 2.619 alat timbangan yang sudah kami reparasi," kata Kepala Bidang Perdagangan Diskomidag Misran.

Pihaknya menargetkan total target reparasi timbangan hingga program berakhir mencapai 5.600 unit.

Dengan membebaskan biaya reparasi, pihaknya berharap para pedagang akan antusias untuk meneraulangkan alat timbang mereka.

"Tera ulang memang harus dilakukan setiap tahun sekali untuk memastikan bahwa alat-alat yang dipakai berfungsi secara normal. Khusus untuk tahun ini, masih masa pandemi, kami mengratiskan biayanya," sambung dia.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved