Breaking News:

Berita Surabaya

Edukasi Cinta Satwa Liar, Koramil Sukolilo Dirikan Mini Zoo dengan Koleksi Puluhan Hewan

Pemandangan yang unik dan berbeda terasa ketika memasuki Koramil 0831/04 Sukolilo, Kota Surabaya, Kamis (9/9/2021). Markas Koramil tersebut memiliki K

Penulis: Febrianto Ramadani | Editor: Ndaru Wijayanto
surya/febrianto
Sejumlah anggota TNI AD Koramil 0831/04 Sukolilo, Kota Surabaya, memberi pakan kepada aneka satwa yang menghuni Mini Zoo, Kamis pagi (9/9/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Febrianto Ramadani

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Pemandangan yang unik dan berbeda terasa ketika memasuki Koramil 0831/04 Sukolilo, Kota Surabaya, Kamis (9/9/2021).

Markas Koramil tersebut memiliki Kebun Binatang Mini atau Mini Zoo yang dihuni berbagai jenis satwa.

Tampak seorang anggota sedang memberi pakan terhadap bermacam macam hewan. Mulai dari Ikan Lele, Musang, Burung Hantu, Elang, Kelelawar, Ayam, Ular, Biawak, Iguana, Monyet, dan masih banyak lainnya.

Danramil Sukolilo, Mayor Inf Supriyo Tri Wahono, mengatakan, jumlah keseluruhan satwa sebanyak 60 hewan. Mulai dari jenis Reptil, Unggas, Ikan, dan Hewan Menyusui.

"Perawatan dan pemeliharaan kami kasih makan rutin seperti buah buahan, sayur sayuran, daging ayam. Untuk daging ayam kami siapkan sehari 1kg kepada hewan hewan ini," ujarnya.

Supriyo menambahkan, Mini Zoo ini didirikan pada tahun 2018. Seiring berjalannya waktu, jumlah satwa semakin tambah.

Dirinya juga menyampaikan, tujuan dan kedepannya bisa dimanfaatkan sebagai sebagai tempat edukasi bagi masyarakat dan anak anak sekolah.

"Harapan saya supaya mereka mempunyai pengetahuan dan rasa cinta kepada hewan, agar kelestariannya dijaga," tuturnya.

"Sering dikunjungi masyarakat umum, pagi siang, sore. Ada orang tua yang bawa anaknya mengenalkan satwa liar sejak usia dini," imbuhnya.

Supriyo berpesan kepada masyarakat, menjaga kelestarian hewan agar tidak punah. Serta, menjaga lingkungan demi masa depan anak dan cucu.

"Mari kita lestarikan binatang agar tidak punah, agar anak anak lebih cinta terhadap satwa hewan," pungkasnya.

Keberadaan tempat tersebut yang tidak jauh dari rumah ternyata menyita perhatian, Nur Ilmi Diyana (23). Remaja setempat itu mengaku sering berkunjung di Mini Zoo.

"Dekat rumah juga, penghibur di sela sela jenuhnya aktivitas. Kalau ke KBS jauh jadi sini saja sekalian main main," ucapnya.

"Kalau dari saya pribadi sebagai pecinta binatang harus dijaga kesehatan hewan, perawatannya juga intens. Hewan juga butuh kasih sayang, jangan diberi perlakuan kasar," tuntasnya.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved