Breaking News:

Berita Bisnis

Merger Pelindo, Ekonom UNAIR: Posisi RI dalam Perdagangan Internasional Akan Diuntungkan

PT Pelabuhan Indonesia I, II, III, dan IV mencanangkan peresmian merger pada 1 Oktober 2021. Bergabungnya keempat perusahaan BUMN ini tentu memiliki..

Penulis: Fikri Firmansyah | Editor: Ndaru Wijayanto
TribunJatim/Fikri Firmansyah
Aktivitas ekspor - impor di Terminal Petikemas Surabaya - wilayah kerja Pelindo III. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - PT Pelabuhan Indonesia I, II, III, dan IV mencanangkan peresmian merger pada 1 Oktober 2021.

Bergabungnya keempat perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) ini tentu memiliki andil besar, utamanya dalam perekonomian Indonesia.

Terlebih, sebagai perusahaan yang bergerak di sektor kepelabuhanan, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) berkaitan erat dengan kegiatan ekspor impor melalui laut.

Hal tersebut dikatakan langsung oleh pakar ekonomi pembangunan asal Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Universitas Airlangga (UNAIR), Nurul Istifadah.

“Karena wilayah kerja Pelindo berkaitan dengan sektor kepelabuhanan, maka merger akan berpengaruh terhadap logistic cost di Indonesia," ujar Nurul, Kamis (9/9/21).

Seperti yang telah diketahui, lebih lanjut dia mengatakan, Indonesia memiliki tingkat logistic cost yang cukup tinggi dibanding negara ASEAN lainnya, yakni 23%. Hal ini menyebabkan produk asal Indonesia tidak kompetitif bila bersaing dalam perdagangan global.

"Sehingga dapat saya katakan, seefisien apapun proses produksi kita kalau logistic cost begitu tinggi, maka cost untuk pergerakan barang akan sangat mahal," sebut Nurul.

Baca juga: Merger Pelindo Berpotensi Miliki Dampak Efisiensi Bisnis dan Penghematan Biaya

Biaya logistik yang cenderung mahal ini menurutnya dapat berimbas terhadap beralihnya penggunaan jasa kepelabuhanan ke negara lain.

“Pelaku usaha pada akhirnya akan memilih jasa pengiriman barang ke pelabuhan yang lebih efisien, misalnya di Singapura.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved