Breaking News:

Berita Jatim

Pemprov Jatim Kembali Gelar Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor Mulai Besok hingga 9 Desember 2021

Pemerintah Provinsi Jawa Timur kembali menggelar program pemutihan pajak kendaraan bermotor, mulai besok Kamis (9/9/2021). Program ini akan berjalan

Penulis: Fatimatuz Zahroh | Editor: Januar
TribunJatim.com/ Fatimatuz Zahroh
Pemutihan pajak kendaraan bermotor yang digelar Pemprov Jatim 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Fatimatuz Zahroh

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Pemerintah Provinsi Jawa Timur kembali menggelar program pemutihan pajak kendaraan bermotor, mulai besok Kamis (9/9/2021). Program ini akan berjalan selama tiga bulan hingga 9 Desember 2021 mendatang.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jatim Abimanyu Poncoatmojo mengatakan bahwa program ini digelar dalam rangka hari jadi Provinsi Jawa Timur yang ke 76. Yang ingin dirayakan bersama masyarakat langsung melalui program pembebasan denda pembayaran pajak dan pemberian insentif pajak kendaraan bermotor.

Tidak hanya itu, disampaikan juga oleh Abimanyu, program ini juga diluncurkan kembali dengan harapan bisa membantu masyarakat yang tentunya terdampak dan mengalami kesulitan ekonomi pada saat mewabahnya virus Covid-19. 

“Program ini kembali kami hadirkan atas izin Ibu Gubernur. Dan yang jelas kebijakan ini bertujuan meringankan beban masyarakat dan mendorong wajib pajak semakin bergairah membayar Pajak Kendaraan Bermotor,” kata Abimanyu, Rabu (8/9/2021). 

Untuk program pemutihan, diberikan bebas denda keterlambatan pembayaran pajak PKB dan BBNKB. Dan juga diberikan Pembebasan pokok BBNKB tangan ke 2, 3 dan seterusnya.

Tidak hanya bebas denda keterlambatan, namun dalam program pemutihan kali ini juga diikuti dengan pemberian insentif pajak kendaraan bermotor. Yang terinci yaitu pemberian diskon pokok pajak sebesar 10 persen untuk kendaraan roda 4 dan lebih. Dan pemberian diskon pokok pajak sebesar 20 persen untuk kendaraan roda dua dan roda tiga.

Baca juga: Detik-detik Soeharto Ditanya Soal Pelepasan Timor Timur, Bahasa Tubuh Bikin Heboh & Diartikan Salah

“Insentif atau diskon yang diberikan kali ini nilainya lebih besar dibandingkan diskon yang pernah diterapkan sebelumnya. Jika sebelumnya, diskon pajak dalam program Diskon Corona dan Diskon Ramadan dengan potongan PKB sebesar 15 persen untuk kendaraan roda 2 dan 3, serta 5 persen untuk kendaraan roda 4 dan seterusnya,” beber Abimanyu. 

Seperti halnya Diskon Ramadan yang telah dimanfaatkan 3,09 juta wajib pajak, diskon kali ini juga diperuntukkan bagi kendaraan dengan plat dasar hitam dan kuning, baik milik pribadi maupun badan. Sementara untuk kendaraan plat dasar merah tidak termasuk dalam sasaran program ini.

Setiap obyek pajak dengan masa pembayaran hingga 31 Desember 2021 mendatang berhak memanfaatkan program ini. Dengan ketentuan, setiap wajib pajak mendapatkan satu kali pengurangan atau diskon PKB. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved