Breaking News:

Berita Sidoarjo

TPA Jabon Overload, Wakil Bupati Sidoarjo Dorong Optimalisasi Tempat Pengolahan Sampah Terpadu

TPA Jabon sudah overload, Wakil Bupati Sidoarjo mendorong optimalisasi Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) yang ada di setiap kecamatan.

Penulis: M Taufik | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/M Taufik
Kondisi tumpukan sampah di TPA Jabon Sidoarjo yang sudah overload, Kamis (2/9/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, M Taufik

TRIBUNJATIM.COM, SIDOARJO - Wakil Bupati Sidoarjo, Subandi mendorong agar fungsi Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) yang ada di setiap kecamatan dimaksimalkan.

Dengan optimalisasi itu, secara otomatis volume sampah yang dikirim ke TPA Jabon juga berkurang. Apalagi TPA di sana kondisinya sudah overload.

"Dengan mengoptimalkan fungsi TPST, volume sampah yang masuk ke TPA bisa berkurang sampai 50 persen. Jadi itu harus dilakukan," kata Subandi, Jumat (10/9/2021).

Subandi menyampaikan, di tahun-tahun sebelumnya, TPA dan TPST di tingkat desa dan kecamatan sudah berjalan dengan baik. Ia berharap bisa dihidupkan kembali serta dioptimalisasikan lagi.

"Di desa-desa sudah memiliki TPA masing-masing. Tinggal nanti bisa diberikan alat pencacah sampah. Kalau alat itu ada, insyaallah tidak sulit mengoptimalkan TPA dan TPS di tiap desa," jelasnya.

Beberapa hari terakhir, sampah mulai menumpuk di sejumlah TPST di Sidoarjo. Ini merupakan buntut dari kondisi TPA  Jabon yang sudah overload.

Karena kondisi TPA yang sudah over kapasitas, pengiriman sampah dilakukan beberapa pengurangan. Sampah dari berbagai wilayah ditumpuk dulu di TPST, baru menunggu giliran dibawa ke TPA Jabon.

Karena jumlahnya terus bertambah, penumpukan pun mulai terjadi di beberapa TPST. Seperti yang ada di TPST kawasan Jalan Lingkar Timur dan sebagainya. Sejumlah gerobak sampah berjejer, menunggu diangkut truk menuju TPA.

Di Sidoarjo, total ada lebih dari 100 TPST.

Baca juga: Sidoarjo Kirim 105 Atlet Berlaga di PON XX Papua 2021, Ketua DPRD Berharap Bisa Bawa Medali Emas

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved