Breaking News:

Berita Otomotif

Cara dan Solusi Jaga Kebersihan Kabin Mobil, Tidak Merokok hingga Kurangi Frekuensi Buka-Tutup Kaca

Tidak ada solusi lebih bijaksana dalam menjaga kebersihan mobil selain tidak merokok di dalam mobil. Hal tersebut dikatakan langsung oleh Aftersales D

Penulis: Fikri Firmansyah | Editor: Ndaru Wijayanto
istimewa
Suasana kabin mobil ketika sedang berkendara. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Tidak ada solusi lebih bijaksana dalam menjaga kebersihan mobil selain tidak merokok di dalam mobil.

Hal tersebut dikatakan langsung oleh Aftersales Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara.

"Selain untuk menjaga kesehatan, tidak merokok dapat mencegah kabin terkontaminasi asap racun sisa rokok, termasuk abu, bara api, puntung rokok, dan noda bekas rokok yang akan membuat kabin kotor dan tidak nyaman untuk ditempati. Apalagi jika kerap mengajak anak tercinta atau kaum lansia naik kendaraan bersama," jelas Tara, Minggu (12/9/21).

Meski begitu, tidak merokok juga masih belum cukup sempurna dalam menjaga kebersihan, karena kotoran lain tetap akan masuk ke dalam kabin mobil, sehingga butuh langkah perawatan.

"Cara paling mudah merawat kabin adalah: dengan membersihkan interior seminggu sekali sekaligus mencuci keseluruhan mobil.

Pastikan pula kabin beneran bersih dan kering sempurna setelah dicuci, agar tidak meninggalkan jejak kotoran dan bau tidak sedap," terang dia.

Tak hanya itu, Tara juga menyarankan, agar mengurangi frekuensi buka-tutup kaca dan pintu mobil kalau tidak dibutuhkan untuk mencegah udara kotor masuk.

Kemudian, usahakan pula agar tidak makan dan minum di dalam mobil yang akan membuat kabin kotor dan meninggalkan bau tidak sedap. Dan yang perlu jadi perhatian biasanya, kotoran yang terbawa masuk oleh alas kaki atau pakaian penumpang.

Untuk yang terakhir, kata Tara, memastikan sistem sirkulasi AC mobil dalam kondisi prima dengan memeriksa filter kabin. Tujuannya untuk menjaga udara yang diembuskan bisa selalu bersih, sehingga memberikan rasa nyaman.

Tara menambahkan, untuk urusan Toyota lebih mudah saat ini di masa PPKM, khusunya konsemen Auto2000 (AutoFamily) dapat meminta bantuan petugas THS - Auto2000 Home Service saat order servis berkala di rumah untuk mengecek filter kabin dan menggantinya bila sudah kotor.

"AutoFamily dapat order THS via Auto2000 Digiroom. Selain itu, Bagi AutoFamily yang ingin memanfaatkan promo perawatan dan perbaikan bodi mobil, dapat menggunakan Promo Kilau Toyota Pilihan yang memberikan diskon di fasilitas body & paint Auto2000 serta ekstra potongan 5% untuk ratusan spare parts pilihan," tutupnya.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved