Breaking News:

Berita Mojokerto

Terungkap Penyebab Ledakan hingga Hancurkan Rumah di Kota Mojokerto, Bermula dari Kebocoran Tabung

Tim Satreskrim Polresta Mojokerto memastikan penyebab ledakan keras yang menghancurkan rumah Nomor 51 milik Oentoro Wibowo (75) di Jalan Karyawan Baru

Penulis: Mohammad Romadoni | Editor: Ndaru Wijayanto
Tribun Jatim Network/Mohammad Romadoni
Ledakan keras menghancurkan sebuah rumah di Jalan Karyawan Baru, Kelurahan Sentanan, Kecamatan Kranggan, Kota Mojokerto, Minggu (12/9/2021) dini hari. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Mohammad Romadoni

TRIBUNJATIM.COM, MOJOKERTO - Tim Satreskrim Polresta Mojokerto memastikan penyebab ledakan keras yang menghancurkan rumah Nomor 51 milik Oentoro Wibowo (75) di Jalan Karyawan Baru, Kelurahan Sentanan, Kecamatan Kranggan, Kota Mojokerto akibat kebocoran tabung gas elpiji.

Kasatreskrim Polresta Mojokerto Iptu Hari Siswanto mengatakan hasil Olah TKP yang dilakukan oleh Tim Labfor Polda Jatim terdapat bekas perbaikan pada nis regulator yang menyebabkan kebocoran tabung gas elpiji Bright Gas kemasan 12 kilogram di ruangan dapur.

Apalagi, letak gas elpiji berada dekat dengan pompa air dan percikan api dari alat Pressure Switch Otomatis Pompa Air itu menyambar gas elpiji yang bocor sehingga terjadi ledakan.

"Terkait kejadian tadi pagi di Jalan Karyawan Baru, Tim Labfor Polda Jatim melakukan olah TKP dan hasil yang diperoleh ledakan ini berasal dari kebocoran tabung elpiji dipicu percikan api alat otomatis pompa air," bebernya di Mapolresta Mojokerto, Minggu (12/9/2021).

Baca juga: Diduga Jadi Pemicu Ledakan yang Hancurkan Rumah di Kota Mojokerto, Polisi Amankan Tabung Elpiji

Hari menyebut penyebab ledakan juga diperkuat keterangan anak pemilik rumah bernama Riky Wibowo yang mengetahui persis terjadinya ledakan.

Saat kejadian ledakan saksi sedang menonton Youtube di dalam kamar sekitar pukul 00.30 WIB.

Saksi mengaku Pressure Switch Otomatis Pompa Air itu menyala sekali setiap satu jam.

"Jadi alat Pressure Switch Otomatis Pompa Air menyala mengeluarkan api menyambar gas elpiji yang bocor sehingga terjadi ledakan," jelasnya.

Dia memastikan tidak ada korban jiwa maupun luka-luka lantaran tiga orang penghuni rumah berada di dalam kamar lantai dua ketika terjadi ledakan.

Guna penyelidikan lebih lanjut pihaknya mengamankan gas elpiji Bright Gas 12 kilogram, selang regulator dan kompor dari lokasi kejadian. 

"Kami mengamankan tabung gas elpiji yang masih berisi serta selang regulator dari dapur," ucap Hari.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved