Breaking News:

Berita Mojokerto

Capaian Vaksinasi Ranking 10 Nasional, Kota Mojokerto Berpeluang Turun Level PPKM 

Kota Mojokerto berpeluang turun status PPKM level menyusul capaian vaksinasi Covid-19 dosis kedua sebanyak 69,36 persen yang tertinggi di Jawa Timur

Penulis: Mohammad Romadoni | Editor: Januar
TribunJatim.com/ M Romadoni
Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari mendampingi Gubernur Jatim Khofifah Indar meninjau vaksinasi pelajar di SMK Negeri 1 Mojokerto. 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, M Romadoni

TRIBUNJATIM.COM, MOJOKERTO- Kota Mojokerto berpeluang turun status PPKM level menyusul capaian vaksinasi Covid-19 dosis kedua sebanyak 69,36 persen yang tertinggi di Jawa Timur bahkan menempati rangking 10 Nasional.

Keberhasilan cakupan vaksinasi tersebut dapat memenuhi syarat tambahan dalam penentuan level PPKM di Jawa dan Bali, sehingga Kota Mojokerto berpeluang dari PPKM level 3 turun menjadi level dua ataupun satu.

Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari menuturkan meski capaian vaksinasi Kota Mojokerto tertinggi Se-Jawa Timur namun tidak berdampak signifikan terhadap penurunan level PPKM. Terbukti, kondisi terkini Kota Mojokerto masih dalam status PPKM Level 3.

"Di Inmendagri sebelum-sebelumnya, cakupan vaksinasi tidak menjadi indikator penentuan level PPKM daerah, namun  di Inmendagri terbaru yang terbit tanggal 13 September kemarin, cakupan vaksinasi ditambahkan sebagai indikator penentuan level. Nah itu peluang kita untuk bisa turun level," ungkapnya, Selasa (14/9/2021).

Ning Ita Walikota Mojokerto, mengatakan apabila Inmendagri Nomor 42 tahun 2021 terkait status PPKM level dari 4,3 dan 2 
Covid -19 di Jawa dan Bali direalisasikan 
maka secara otomatis Kota Mojokerto dapat turun level menjadi level dua ataupun satu.

"Disitu kan disebutkan, jika penurunan level daerah dari level 3 menjadi level 2, capaian total vaksinasi dosis pertama minimal 50 persen dan capaian vaksinasi dosis satu lansia diatas 60 tahun minimal 40 persen," bebernya.

Menurut dia, capaian vaksinasi dosis pertama Kota Mojokerto telah mencapai 119.07 persen dan capaian vaksinasi dosis kedua mencapai 69.39 persen.

Baca juga: Indonesia Menuju Broadway 2021 Sajikan Online & Offline Musical Theatre Conservatory di Indonesia

"Jika berpedoman pada capaian tesebut tak menutup kemungkinan kita juga bisa loncat langsung ke level satu. Sebab syarat turun level dari dua ke satu hanya dibutuhkan capaian vaksinasi dosis pertama minimal sebesar 70 persen, padahal saat ini capaian kita sudah diatas 100 persen," jelasnya.

Ning Ita menyebutkan capaian vaksinasi dosis pertama dan kedua Kota Mojokerto tertinggi di Jawa Timur. Bahkan Kota
Mojokerto menjadi satu di antara dua kota di Jawa Timur yang lebih awal mencapai Herd Immunity 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved