Breaking News:

Dokter Cilik Batch 2021, Jelaskan Pentingnya Olahraga hingga Makanan Bernutrisi, Bunda Wajib Tahu!

Training Dokter Cilik Batch 2021, jelaskan pentingnya olahraga hingga makanan yang bernutrisi, bunda di rumah wajib tahu!

Penulis: Fikri Firmansyah | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com
Para peserta di gelaran Dokter Cilik yang terdiri dari anak kelas 4 dan 5 dari 30 Sekolah Dasar (SD) di Surabaya, Malang, Gresik dan Sidoarjo, antusias mendengarkan tips kesehatan yang dibagikan oleh Sekjen Asprov PSSI Jatim, Dyan Puspito Rini, Sabtu (11/9/2021). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Gelaran Dokter Cilik Batch 2021 dari hari ke hari makin menambah euforia.

Meski baru awal, kegiatan yang diselenggarakan pada 11 September 2021 itu antusias diikuti oleh para peserta anak kelas 4 dan 5 dari 30 Sekolah Dasar (SD) yang ada di Jawa Timur, khususnya Surabaya, Malang, Gresik dan Sidoarjo.

Acara edukasi kesehatan yang digelar bekerja sama dengan Tribun Jatim Network dan Harian Surya itu turut mengundang pemateri kesehatan kawakan, seperti Sekjen Asprov PSSI Jatim, Dyan Puspito Rini.

Saat menjadi pemateri, wanita yang akrab disapa Rini itu menjelaskan pentingnya olahraga bagi anak dan dampak jangka panjangnya, macam-macam olahraga untuk anak, olahraga ringan di rumah, dan cara berolahraga baik dan benar.

"Aktif bergerak dan berolahraga bukan hanya baik untuk kesehatan anak, tetapi juga memicu tumbuh kembang optimal anak dengan menunjang perkembangan otak serta menjaga kestabilan emosinya," ungkap Rini.

Bahkan, lanjut Rini, aktivitas fisik serta olahraga yang tepat akan memberikan dampak positif, baik fisik maupun nonfisik, antara lain meningkatkan kekuatan otot dan tulang, meningkatkan kesehatan jantung, peredaran darah dan mengontrol berat badan, meningkatkan kepercayaan diri, meningkatkan kesehatan mental psikologis, serta membantu anak mengurangi stres.

Diakui Rini, salah satu masalah yang harus diperhatikan dalam keseharian dan kesehatan anak adalah anak kurang melakukan kegiatan fisik.

"Padahal menurut American Academy of Pediatrics (AAP), seorang anak membutuhkan sekitar 60 menit berolahraga fisik setiap harinya, tidak harus dalam satu waktu, namun merupakan jumlah total dalam sehari," imbuh dia.

Baca juga: Pelatihan Dokter Cilik, Solusi Tanamkan Semangat Hidup Bersih dan Sehat Pada Anak Sejak Dini

Tak lupa, Rini juga memberikan latihan olahraga ringan di rumah yang diikuti secara antusias para peserta, orang tua, serta guru pendamping Dokter Cilik Batch 2021.

Rini menjelaskan, sejalan dengan pentingnya berolahraga, pemberian maupun konsumsi makanan yang tepat juga perlu dilakukan.

"Makanan yang tepat yang saya maksud adalah yang bernutrisi. Misalnya sayur dan buah, serta tentunya yang fresh atau masih segar," pungkasnya.

Untuk diketahui, acara ini juga didukung oleh sponsor yaitu Prodia Children’s Health Care, Rumah Sunat Surabaya, Dinas Pendidikan Kota Surabaya, Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik, Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo, dan Dinas Pendidikan Kota Malang.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved