Breaking News:

Berita Surabaya

11 Terduga Teroris Jatim Diberangkatkan ke Mabes Polri, Bagian dari Jamaah Islamiyah (JI)

11 orang terduga teroris yang ditangkap Densus 88 Antiteror Mabes Polri dalam operasi di Jatim beberapa waktu lalu, merupakan anggota kelompok teror J

Penulis: Luhur Pambudi | Editor: Ndaru Wijayanto
surya/sugiarto
Sebanyak 22 tersangka teroris yang dititipkan di Polda Jatim oleh Tim Densus 88 Anti Teror dipindahkan ke Jakarta 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Luhur Pambudi

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA-11 orang terduga teroris yang ditangkap Densus 88 Antiteror Mabes Polri dalam operasi di Jatim beberapa waktu lalu, merupakan anggota kelompok teror Jamaah Islamiyah (JI).

Sekitar pukul 06.00 WIB, Rabu (15/9/2021), mereka telah diberangkatkan dengan pengawalan ketat ke Mabes Polri Jakarta, melalui jalur udara di Bandara Juanda Surabaya.

"Jaringan Jamaah Islamiyah (JI)," ujar Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Gatot Repli Handoko di Mapolda Jatim, Rabu (15/9/2021).

Selain para terduga teroris itu, Gatot mengungkapkan, pihak Densus 88 juga membawa barang bukti (BB) yang berkaitan dengan para terduga teroris itu. Mulai dari senjata tajam, hingga senjata api jenis rakitan

"Itu yang kemarin terakhir ditangkap di Malang, Surabaya, Sidoarjo. Semua ada 11 orang. Barang bukti yang dibawa ada beberapa senjata tajam, senjata rakitan," pungkasnya.

Di kutip dari Tribunnewswiki, JI merupakan organisasi militan Islam di Asia Tenggara. Mereka berupaya untuk mendirikan sebuah negara Islam raksasa di wilayah negara-negara seperti Indonesia, Singapura, Brunei, Malaysia, Thailand, dan Filipina.

Amerika Serikat menganggap JI sebagai organisasi teroris. Sementara di Indonesia organisasi ini telah disebut sebagai korporasi terlarang.

Berdasarkan informasi yang dihimpun TribunJatim.com, JI merupakan kelompok teror yang berafiliasi dengan Al-Qaeda di Afganistan.

Tentu hal ini berbeda dibanding dengan kelompok teror lainnya seperti Jamaah Asharut Daulah (JAD) yang berafiliasi dengan ISIS.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved