Breaking News:

Berita Madiun

Dapat Laporan Temuan Umpak hingga Punden, BPCB Jatim Lakukan Ekskavasi Sejumlah Titik di Kota Madiun

Tim Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur menerima sejumlah laporan penemuan benda sejarah di Kota Madiun

Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti | Editor: Januar
TribunJatim.com/ Sofyan Arif Candra
Tim Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur Melakukan Ekskavasi di Jalan Bonokeling Kelurahan Demangan Kecamatan Taman Kota Madiun 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra

TRIBUNJATIM.COM, MADIUN - Tim Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur menerima sejumlah laporan penemuan benda sejarah di Kota Madiun.

Laporan tersebut datang dari warga yang disampaikan ke Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Madiun lalu diteruskan ke BPCB Jatim.

Tim BPCP Jatim akan berada di Kota Madiun setidaknya sampai tanggal 20 September untuk memeriksa laporan-laporan penemuan tersebut.

Arkeolog BPCP Jatim, Yuni Atmi mengatakan laporan tersebut paling banyak berasal dari Kelurahan Demangan dan juga Kelurahan Kuncen, Kecamatan Taman.

Di Kelurahan Demangan, warga telah menemukan umpak dan dorpel yang setelah dicek oleh tim BPCP memang barang zaman sejarah.

"Satu umpak sempat ditemukan warga, sudah kami lihat ya. (Memang) peninggalan lama, (dilihat) dari bentuknya dan dari bahannya," kata Yuni, Rabu (15/9/2021).

Sedangkan di Kelurahan Kuncen, BPCB menerima laporan ditemukannya punden di komplek makam Kuncen.

Baca juga: Polres Tulungagung Ungkap 20 Kasus Narkoba Dengan 24 Tersangka Selama Operasi Tumpas

Saat ini, tim BPCP Jatim sedang melakukan ekskavasi atau penggalian untuk memastikan keberadaan benda-benda peninggalan kerajaan tersebut.

Jika memang dari hasil ekskavasi tersebut tidak ditemukan adanya benda bersejarah, maka tim akan bergeser dari titik satu ke titik lainnya yang menurut laporan warga ditemukan struktur bata atau benda sejarah lainnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved