Breaking News:

Berita Kota Batu

Kades dan Pamong Desa se-Kota Batu Donasikan Sebagian Gajinya untuk Beri Bantuan Warga

Kades dan pamong desa se-Kota Batu mendonasikan sebagian gajinya untuk beri bantuan warga di tengah pandemi Covid-19.

Penulis: Benni Indo | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Benni Indo
Ketua Asosiasi Pemerintah Desa dan Kelurahan (APEL), Wiweko menyalurkan bantuan uang tunai kepada Mardai di Balai Desa Tlekung Kota Batu, Rabu (15/9/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Benni Indo

TRIBUNJATIM.COM, KOTA BATU - 19 kepala desa di Kota Batu berserta para pamong desanya menyalurkan bantuan uang tunai pada warga, masing-masing mendapatkan Rp 150 ribu.

Dana yang terkumpul berasal dari donasi separuh gaji para kades dan pamong desa. Total, ada Rp 203 juta yang terkumpul.

Ketua Asosiasi Pemerintah Desa dan Kelurahan (APEL), Wiweko menjelaskan, gaji pokoknya senilai Rp 4 jutaan, didonasikan 50 persen senilai Rp 2 jutaan. Sekretaris desa berdonasi Rp 500 ribu dan para perangkat lainnya Rp 400 ribu.

"Kegiatan ini hasil musyawarah teman-teman kades se-Kota Batu. Ini murni bantuan sosial, tidak ada unsur politik. Sumber anggaran dihimpun dari 50 persen gaji kades dan perangkat desa se-Kota Batu. Kami ingin berbagi, masak saya ada gaji bulanan tidak bisa menyisihkan sedikit untuk masyarakat," ujar Wiweko, Rabu (15/9/2021).

Ada sekitar 700an warga yang terdaftar menerima bantuan. Warga terdaftar penerima bantuan datang ke balai desa untuk menerima uang. Selain itu, bantuan juga disalurkan secara acak kepada warga lainnya.

"Seperti tukang tambal ban. Nanti saat jalan dibagikan," terangnya.

Wiweko menerangkan, masyarakat sedang susah saat pandemi Covid-19 ini. Penutupan sektor pariwisata menjadi pukulan telak terhadap sektor perekonomian dan kesehahteraan warga. Banyak warga yang menganggur akibat kondisi itu.

"Meskipun isinya sedikit, jangan dinilai isinya. Kami sudah ada niat berbagi dalam kondisi sulit karena pandemi. Kriteria penerima adalah warga yang mungkin masih belum dapat bansos. Tetapi juga ditambah pekerja, sebagian sambil jalan kami kasihkan," jelasnya.

Bantuan ini hanya diberikan sekali. Namun tidak menutup kemungkinan bantuan bisa dilakukan kembali.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved