Breaking News:

Berita Malang

Masterplan Drainase Jadi solusi Pemkot Malang Atasi Genangan Air dan Banjir

Memasuki musim penghujan di tahun ini, Pemerintah Kota Malang mulai mewaspadai adanya genangan air dan banjir yang kerap terjadi di Kota Malang.

Penulis: Rifki Edgar | Editor: Ndaru Wijayanto
mohammad romadoni/surya
Ilustrasi - Sejumlah pengendara motor menerjang genangan air 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Rifki Edgar

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Memasuki musim penghujan di tahun ini, Pemerintah Kota Malang mulai mewaspadai adanya genangan air dan banjir yang kerap terjadi di Kota Malang.

Sejumlah antisipasi kini mulai dilakukan, mulai melakukan pemetaan ke titik-titik yang biasanya menjadi langganan banjir, hingga melakukan pembersihan saluran air yang rutin kerap kali dilakukan.

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Rumah Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang, Diah Ayu Kusuma Dewi mengatakan, dari tahun 2020 kemarin, sudah ada 26 titik langganan banjir yang sudah teratasi.

Namun, di 2021 ini ada 10 titik baru yang saat ini sedang berusaha diperbaiki agar di lokasi tersebut tidak menjadi kawasan langganan banjir saat musim hujan.

10 titik tersebut di antaranya berada di Jalan Danau Kerinci, Jalan Mayjend Sungkono, Jalan KH Malik Dalam, Kelurahan Bareng, Jalan Peltu Sujono, Area Pasar Gadang, Jalan Kedawung hingga Jalan Taman Siswa.

"Dari 10 titik ini yang baru kami selesaikan enam titik. Sementara yang empat titik masih dalam proses," ucapnya Rabu (15/9/2021).

Diah menyampaikan, untuk melihat potensi banjir sebenarnya tidak harus dilihat dari satu titik saja yang menjadi langganan banjir.

Akan tetapi, harus dilihat dari mana air tersebut berasal yang menjadikan lokasi tersebut menjadi langganan banjir.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan, banjir di Kota Malang disebabkan karena masih banyaknya saluran irigasi sebagai wadah untuk menampung air.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved