Breaking News:

Berita Banyuwangi

Terinspirasi Banyuwangi sebagai Kabupaten Berkinerja Terbaik, Bupati Banyuasin Kunker ke Banyuwangi

Terinspirasi dengan Banyuwangi yang menjadi kabupaten berkinerja terbaik, Bupati Banyuasin melakukan kunker ke Banyuwangi.

Penulis: Haorrahman | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com
Bupati Banyuasin, Askolani yang didampingi jajaran Forkopimda dan pemerintahannya diterima langsung Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani di Pendopo Sabha Swagata Blambangan, Rabu (15/9/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Haorrahman

TRIBUNJATIM.COM, BANYUWANGI - Prestasi Banyuwangi sebagai kabupaten/kota dengan kinerja terbaik di Indonesia menarik perhatian Bupati Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan.

Bupati Banyuasin, Askolani pun datang ke Banyuwangi untuk mengetahui langsung kiat-kiatnya.

Bupati Askolani yang didampingi jajaran Forkopimda dan pemerintahannya diterima langsung Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani di Pendopo Sabha Swagata Blambangan, Rabu (15/9/2021).

Di depan Bupati Ipuk, Askolani mengungkapkan, kunjungannya ini ingin belajar inovasi Banyuwangi, khususnya terkait kinerja pemerintahan.

"Kabupaten Banyuasin ini baru berumur 19 tahun, masih muda belia hasil pemekaran dari Kabupaten Musi Banyuasin. Kami ingin belajar bagaimana Banyuwangi bisa membawa daerahnya menjadi kabupaten dengan kinerja terbaik di Indonesia,” ungkap Askolani.

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah menetapkan Banyuwangi sebagai peringkat pertama kabupaten/kota dengan kinerja terbaik di Indonesia.

Hal itu berdasarkan hasil Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EKPPD) Kemendagri untuk tahun 2019 terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Banyuwangi yang ditetapkan meraih status ”sangat tinggi”.

Secara bertahap, hasil evaluasi kinerja Pemkab Banyuwangi terus menanjak. Pada 2010 di posisi 156 dari seluruh daerah di Tanah Air, meningkat ke posisi 20 pada 2015, lalu 2016 di posisi 16, 2017 di posisi ke-6, hingga tahun 2018 lalu di ranking 4. Dan tahun 2019 lalu, Banyuwangi menjadi yang pertama.  

Askolani berharap pasca kunjungan kerja ini dapat ditindaklanjuti dengan memorandum of understanding (MoU) antara kedua belah pihak.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved