Breaking News:

Berita Kota Batu

Berkas Perkara Dugaan Kejahatan Seksual Tersangka Pemilik Sekolah SPI Kota Batu Dilimpahkan ke Jaksa

Berkas perkara dugaan kejahatan seksual berulang atas tersangka JE telah dilimpahkan ke Kejaksaan Tinggi Jawa Timur. 

Penulis: Benni Indo | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Benni Indo
Ketua Umum Komnas PA, Arist Merdeka Sirait memberikan keterangan kepada pers di lobi depan Polres Batu, Rabu (9/6/2021). Arist mengatakan, kemungkinan adanya pelaku lain dalam kasus yang terjadi di Sekolah SPI Kota Batu. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Benni Indo

TRIBUNJATIM.COM, KOTA BATU - Ketua Umum Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA), Arist Merdeka Sirait mengeluarkan pernyataan yang menginformasikan bahwa berkas perkara dugaan kejahatan seksual berulang atas tersangka JE telah dilimpahkan ke Kejaksaan Tinggi Jawa Timur

Untuk mengawal  proses hukum ini berjalan dengan baik, Komnas Perlindungan Anak bersama Tim Advokasi dan Litigasi kasus SPI Kota Batu telah menyiapkan 56 pengacara untuk memberikan dukungan kepada JPU yang ditunjuk sebagai pengacara negara.

Arist mengatakan, hal itu setelah dirinya menerima informasi dari Polda Jatim. Arist juga menunjukkan bukti surat SP2HP dari Polda Jatim.

"Dikirimkannya berkas perkara kasus kejahatan seksual yang diduga dilakukan JE, pemilik Sekolah Selamat Pagi Indonesia (SPI) Kota Batu kepada JPU memasuki babak baru proses hukum dan sebagai langkah mengungkap tabir kejahatan seksual," tulis Arist dalam keterangan resminya, Jumat (17/9/2021).

Surat SP2HP tersebut bertanggal 16 September 2021.

Komisi Nasional Perlindungan Anak sangat berharap hasil penyelidikan dan penyidikan yang dilakukan Kasubdit Renakta Polda Jatim dinyatakan lengkap dan siap untuk disidangkan.

"Mengingat kasus kejahatan seksual merupakan tindak pidana khusus setara dengan tindak pidana narkotika, terorisme dan korupsi. Terduga pelaku dapat dituntut dengan ancaman pidana seumur hidup," ujarnya.

Baca juga: Meski Sudah Boleh Buka, Taman Rekreasi Selecta Kota Batu Masih Tutup: Tak Mau Kecewakan Pengunjung

Sepekan yang lalu, Kepala Subdit IV Renakta Ditreskrimum Polda Jatim, AKBP Ali Mahfud mengatakan, tengah memproses kelengkapan berkas atas pemeriksaan terhadap JE yang telah berstatus sebagai tersangka.

"Sudah (diperiksa sebagai tersangka). Sekarang proses pemberkasan," katanya saat dihubungi TribunJatim.com.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved