Breaking News:

Berita Trenggalek

Presiden Jokowi Minta Harga Jagung Turun, Kontak Tani Nelayan Andalan Trenggalek: Petani Menangis

Presiden Jokowi meminta harga jagung untuk pakan ternak turun, Kontak Tani Nelayan Andalan Trenggalek: Petani yang menangis.

Penulis: Aflahul Abidin | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Febrianto Ramadani
Ilustrasi - Petani jagung asal Dusun Kemantren Wetan, Desa Terusan, Kecamatan Gedheg, Kabupaten Mojokerto, memasang LPG sebagai bahan bakar sumur bor untuk mengairi lahan jagung miliknya, Selasa (15/10/2019) 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Aflahul Abidin

TRIBUNJATIM.COM, TRENGGALEK - Presiden RI Joko Widodo meminta harga jagung untuk pakan ternak sebesar Rp 4.500 per kilogram (kg).

Permintaan itu disampaikan saat Presiden Jokowi bertemu dengan perwakilan asosiasi peternak di Istana Negara, Rabu (15/9/2021).

Permintaan presiden itu disambut baik oleh para peternak. Namun sebaliknya, permintaan tersebut juga menimbulkan keresahan bagi para petani.

"Kalau harganya diturunkan, yang jelas petani yang menangis," kata Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KNTA) Kabupaten Trenggalek, Slamet Riyadi, Jumat (17/9/2021).

Slamet mengatakan, penurunan harga jagung akan berdampak signifikan terkait penghasilan para petani.

"Konsekuensinya kalau harga jagung turun, biaya produksi juga harus turun. Termasuk harga pupuk," sambung Slamet.

Sementara menurut dia, harga pupuk dan biaya produksi lain hingga saat ini cenderung stabil.

"Intinya, kalau biaya produksi masih tinggi, sementara harga dipatok di bawah standar, ya petani yang merugi," sambung dia.

Baca juga: DPRD Trenggalek Minta Anggaran Bosda Madin Dimunculkan Kembali pada APBD Perubahan

Data Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Trenggalek menunjukkan, produksi jagung di wilayah tersebut pada musim panen pertama tahun ini sebanyak 41,9 ribu ton.

"Untuk luasan lahannya seluas 6,4 ribu hektare," kata Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Trenggalek, Didik Susanto.

Harga jagung pipil kering di tingkat petani di Kabupaten Trenggalek saat ini berada di kisaran harga Rp 5.100 per kg. Sementara harga di tingkat pedagang sekitar 6.000 per kg.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved