Breaking News:

Putar Otak Pebisnis Aviasi di Masa Pandemi Covid-19, Rambah Dunia Medis hingga Pelayanan Kargo

Pebisnis aviasi harus putar otak di masa pandemi Covid-19, merambah dunia medis hingga pelayanan kargo.

Penulis: Fikri Firmansyah | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com
Hari Perhubungan Nasional atau Harhubnas 2021 diperingati Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Surabaya dengan menggelar acara Talkshow Strategi Bisnis Penerbangan dalam Masa Pandemi di Kampus Poltekbang Surabaya, Kamis (16/9/2021). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Hari Perhubungan Nasional atau Harhubnas 2021 diperingati Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Surabaya dengan menggelar acara Talkshow Strategi Bisnis Penerbangan dalam Masa Pandemi di Kampus Poltekbang Surabaya, Kamis (16/9/2021).

Talkshow hybrid ini menampilkan sejumlah narasumber, yakni Direktur Angkatan Udara Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Maria Kristi Endah Murni, Director of Marketing and Business Development PT Whitesky Aviation Ari Nurwanda, dan Chief Compliance & Network Officer PT Lion Parcel Victor Ary Subekti.

Acara dibuka oleh Direktur Poltekbang Surabaya, M Andra Aditiyawarman beserta Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Udara Kemenhub, Heri Sudarmaji. Tak ketinggalan pula, para taruna/taruni Poltekbang Surabaya ikut hadir secara offline maupun online.

Dalam talkshow ini, Direktur Angkatan Udara Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub, Maria Kristi Endah Murni mengungkapkan, dalam kondisi pandemi Covid-19 (virus Corona) kerugian terjadi di banyak sektor, khususnya perekonomian. Termasuk perekonomian di dalam dunia aviasi. Bahkan, menurutnya, bisnis penerbangan di seluruh dunia diprediksi anjlok hingga 372,5 triliun USD.

“Di Indonesia pada 2019-2020 terjadi penurunan tajam. Tahun 2020 angka penerbangan penumpang, baik internasional dan nasional mencapai 64 persen,” kata Maria Kristi.

Kendati begitu, keterpurukan itu, tak lantas mematikan kegiatan penerbangan lainnya.

Seperti terobosan yang dilakukan oleh PT Whitesky Aviation. Kata dia, perusahaan ini justru menangkap potensi bisnis yang menghasilkan profit dalam masa pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini.

Sementara itu, Director of Marketing and Business Development PT Whitesky Aviation, Ari Nurwanda mengatakan, perusahaannya mulai merambah bidang medis untuk pelayanan bagi masyarakat yang membutuhkan jasa memakai helikopter yang dinamai Heli Medevac.

“Kami melakukan pengembangan Heli Medevac untuk kepentingan medis. Di mana kebutuhan medis sangat berperan dalam kondisi saat ini. Kami melakukan kerja sama dengan profit medis di Jakarta. Kami menyiapkan armada heli yang lengkap dengan peralatan dan tim medis yang bisa disewa oleh pihak yang membutuhkan,” ungkap Ari.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved