Breaking News:

Berita Jatim

Antrean IGD Sempat Tembus 835 Pasien Sehari, Kini BOR Covid-19 Jatim Telah Turun Jadi 14,2 Persen

Kondisi pandemi Covid-19 di Jawa Timur sudah jauh membaik. Selain sudah dinyatakan level 1 sesuai asesmen Kementerian Kesehatan, bahkan Bed

Penulis: Fatimatuz Zahroh | Editor: Januar
SURYA/FATIMATUZ ZAHROH
Ketua Tim Kuratif Satgas Covid-19 Jawa Timur Joni Wahyuhadi saat diwawancarai di Kantor Gubernur Jalan Pahlawan, Selasa (5/1/2021). 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Fatimatuz Zahroh

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Kondisi pandemi Covid-19 di Jawa Timur sudah jauh membaik.

Selain sudah dinyatakan level 1 sesuai asesmen Kementerian Kesehatan, bahkan Bed Occupancy Ratio (BOR) rumah sakit rujukan Covid-19 saat ini sudah sangat rendah.

Hal itu sebagaimana disampaikan oleh Ketua Tim Kuratif Satgas Covid-19 Jawa Timur Joni Wahyuhadi, Sabtu (18/9/2021), BOR layanan covid-19 saat ini sudah di angka 14,2 persen.

Dan ia juga memastikan bahwa saat ini antrian layanan covid-19 di IGD juga sudah nol. Atau tidak ada antrian membuludak sebagaimana awal diterapkan PPKM Darurat yang mana jumlah antriannya sampai 800 orang saat itu.

"Saat ini, berbagai macam indikator penanganan covid-19 di Jatim sudah sesuai standar pengendalian pandemi oleh WHO. Saat ini, BOR covid-19 kita per minggunya adalah 14,21 persen," tegas Joni.

Angka ini sudah sangat jauh dibawah standar WHO dimana standar minimalnya adalah 60 persen. Selain itu, saat ini angka positivity rate Covid-19 di Jatim juga dikatakan Joni sudah sangat memadai, yaitu di angka 1,65 persen.

"Angka ini juga jauh dibawah standar WHO yaitu 5 persen," ungkap Joni.

Baca juga: PT KAI Buka Rekrutmen untuk Berbagai Formasi, Dibuka Mulai Hari Ini

Dokter spesialis bedah syarat yang juga Dirut RSUD Dr Soetomo itu juga menambahkan bahwa saat ini 37 Kabupaten Kota di Jawa Timur sudah masuk Zona Kuning dan antrian IGD covid-19 di Jawa Timur saat ini nol.

"Angka ini turun drastis dibandingkan awal bulan Juli lalu dimana antrian IGD overload bahkan pernah mencapai 835 pasien per hari. Selain itu, BOR isolasi dan ICU di semua kabupaten dan kota di Jatim saat ini sudah dibawah 29 persen" tegasnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved