Breaking News:

Berita Jember

Yuk Baca Buku di Mobil Perpustakaan Baru Pemkab Jember

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember mendapatkan bantuan mobil perpustakaan keliling dan Program Indonesia Pintar (PIP) dari Anggota Komisi X DPR RI

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Januar
TribunJatim.com/ Sri Wahyunik
Bupati Jember Hendy Siswanto menerima bantuan mobil perpustakaan keliling dari Anggota Komisi X DPR RI M Nur Purnamasidi, Sabtu (18/9/2021) 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Sri Wahyunik

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember mendapatkan bantuan mobil perpustakaan keliling dan Program Indonesia Pintar (PIP) dari Anggota Komisi X DPR RI Muhamad Nur Purnamasidi. 

Bantuan mobil perpustakaan keliling diterima oleh Bupati Jember Hendy Siswanto di Pendapa Wahyawibhawagraha, Jember, Sabtu (18/9/2021). Sedangkan bantuan PIP langsung diterima oleh masing-masing penerima.

Bang Pur, panggilan akrab M Nur Purnamasidi, mengatakan, dirinya secara khusus memang menyerahkan bantuan mobil perpustakaan keliling itu untuk Kabupaten Jember

"Se-Indonesia hanya ada 26 unit, dan saya minta alokasikan untuk Kabupaten Jember satu unit. Kenapa, karena ini sangat penting untuk meningkatkan literasi rakyat, terutama warga Jember," ujar Politisi Partai Golongan Karya itu kepada Surya.

Dia menambahkan, secara umum literasi rakyat Indonesia masih rendah. Sehingga, imbuhnya, perlu dorongan dan fasilitasi supaya tingkat literasi meningkat.

Baca juga: Jelang Musim Penghujan, Pemkot Geber Normalisasi Saluran hingga Pembangunan Bozem

Mobil perpustakaan itu, tegas Bang Pur, seharusnya bisa berkeliling ke desa-desa secara berkala. Buku yang disajikan juga tematik, menyesuaikan kebutuhan warga yang didatangi.

"Kalau ingin berjalan maksimal, memang harus menggandeng banyak elemen, seperti komunitas. Juga harus ada event, bisa menggandeng komunitas baca," lanjut anggota DPR RI dari Dapil Jember - Lumajang itu.

Sementara itu, Bupati Jember Hendy Siswanto mengucapkan terima kasih atas bantuan mobil perpustakaan, juga bantuan PIP bagi pelajar dan mahasiswa Jember.

Bupati Hendy berjanji OPD terkait akan mengoperasikan mobil perpustakaan tersebut secara berkala. "Di akhir pekan, bisa berkeliling ke pusat kota, atau kecamatan dan desa," ujar Hendy.

Apalagi, kata Hendy, mobil perpustakaan tersebut dilengkapi kecanggihan teknologi dalam mengakses buku secara digital. Warga bisa mengakses buku Perpustakaan Nasional memakai perangkat teknologi yang berada di mobil tersebut.

"Di sini juga dilengkapi tablet/sabak untuk mengakses seluruh apa yg dimiliki buku Perpustakaan Nasional. Ada bermacam-macam buku bisa diakses langsung dan dipinjam lewat tablet.  Kita tidak usah sulit di masa digital saat ini," pungkasnya.

Kumpulan berita Jember terkini

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved